Sukses

Lifestyle

Tak Perlu Menunggu Sakit untuk Menyadari Pentingnya Jaga Kesehatan

Fimela.com, Jakarta Mengubah kebiasaan lama memang tidak mudah. Mengganti kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik pun kadang butuh proses yang tak sebentar. Membuat perubahan dalam keseharian dan hidup selalu memiliki perjuangannya sendiri. Melalui Lomba Change My Habit ini Sahabat Fimela berbagi kisah dan tulisannya tentang sudut pandang serta kebiasaan-kebiasaan baru yang dibangun demi hidup yang lebih baik.

***

Oleh: Zeni Oktav

Kesehatan merupakan sebuah kenikmatan hakiki yang patut disyukuri oleh setiap manusia setelah nikmat iman. Manusia tentu baru akan menyadari nikmatnya sehat ketika telah merasakan sakit, di mana keadaan tersebut mampu memberikan pelajaran berharga bagi setiap manusia untuk senantiasa bersyukur dan selalu menjaga kesehatan. Setelah sembuh dari rasa sakit yang dialami tentu kedepannya kita dapat memulai gaya hidup yang lebih sehat serta lebih banyak bersyukur kepada Tuhan atas nikmat sehat yang telah diberikan selama ini.

Selama perjalanan hidupku ini, tak sedikitpun terlintas dalam benak ini bahwa aku akan menjalani tindakan medis operasi, karena selama ini aku merasa bahwa aku baik-baik saja dan tidak merasakan keluhan rasa sakit apapun itu. Namun kenyataan yang harus aku hadapi ternyata berbeda dengan apa yang kurasakan sebelumnya ketika dokter mendiagnosa bahwa aku mengidap kista tiroid. Awal berobat ketika disarankan oleh dokter untuk operasi tentunya itu membuatku takut dan merasa begitu tertekan karena semua yang terjadi padaku seakan datang tanpa permisi.

Saat proses berobat itu aku juga menyadari bahwa dalam kondisi sakit tentunya dapat menjadikan kita menjadi pribadi yang lebih baik apabila kita menyikapinya secara positif. Selama sakit kita akan dilatih menjadi pribadi yang bisa bersikap sabar dengan kondisi yang kita alami dan juga menjadi pribadi yang pandai bersyukur akan setiap nikmat Tuhan yang telah diberikan kepada kita.

 

Pola Hidup untuk Tubuh Sehat

Pasca berobat aku mulai mengubah pola hidupku yang sekiranya bisa merusak kesehatan seperti misalnya begadang. Kebiasaan tidur tengah malam sudah tak pernah kulakukan lagi, sehingga saat ini aku membiasakan diri untuk tidur di bawah pukul 10 malam. Selain itu aku juga berusaha untuk selalu sabar serta tidak terlalu overthinking terhadap setiap permasalahan yang kuhadapi. Aku senantiasa berusaha dengan baik untuk mengurangi rasa stres dan kecemasanku dengan lebih mendekatkan diri melalui ibadah karena aku yakin bahwa Tuhan tidak akan memberikan ujian melebihi kemampuan hambaNya.

Aku juga mulai menerapkan gaya hidup sehat dengan rajin bangun pagi serta berolahraga meskipun itu olahraga ringan setidaknya mampu membuat tubuh kita menjadi sehat. Pola makan juga lebih diatur dengan menu yang lebih sehat serta menghindari makanan yang dapat membuat tubuh sakit. Di saat dapat menjalani hidup yang sehat semoga kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

 

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading