Sukses

Lifestyle

5 Jenis Sayur dan Buah untuk Menjaga Kesehatan Gigi

Fimela.com, Jakarta Memiliki gigi yang sehat dan terawat, merupakan impian banyak orang. Namun gigi yang sehat harus dirawat dengan baik. Selain rajin menggosok gigi, menjaga kesehatan gigi agar tetap sehat, harus dibarengi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Masalah gigi sering kali terjadi akibat mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang sehat. Hal ini akan mengakibatkan gigi menjadi kuning dan mudah keropos. Usahakan jangan lupa menggosok gigi, agar gigi tetap sehat.

Sahabat Fimela bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, yang memiliki kandungan vitamin dan antioksidan, serta mineral agar gigi tetap sehat. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula, serta hindari makanan dan minuman berkafein, agar tidak membuat plak di gigi dan merusak gigi. Berikut jenis sayur dan buah yang harus dikonsumsi, untuk menjaga kesehatan gigi:

Jenis Sayur dan Buah untuk Menjaga Kesehatan Gigi

1. Apel

Jenis buah pertama yaitu apel, yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi, dan baik dikonsumsi setiap hari. Buah apel memiliki kandungan yang kaya akan serat, vitamin, serta antioksidan yang baik untuk kesehatan gigi. Tidak hanya untuk gigi saja, mengonsumsi apel baik untuk menjaga kesehatan mulut, tubuh serta kulit. Vitamin C yang terdapat di dalam apel, bisa membantu meningkatkan kolagen di dalam tubuh, yang bisa membuat gusi menjadi lebih kuat. Kandungan vitamin C juga bisa membantu mencegah gusi berdarah, menyembuhkan sariawan, mencegah terjadinya infeksi gigi. Buah apel bisa memproduksi air liur lebih banyak, yang bisa membantu menetralkan asam dari sisa makanan, yan menyebabkan masalah gigi.

2. Jeruk

Jenis buah yang kedua adalah jeruk, yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi, kesehatan mulut dan tubuh hingga kesehatan kulit. Jeruk memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, dan memiliki kandungan yang kaya akan serat, yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kandungan vitamin C berfungsi sebagai antioksidan, untuk mencegah kerusakan gigi dan gusi, dari pembakaran tembakau dan asap rokok. Buah jeruk juga terkenal dengan senyawa seperti tanin, tarpenoid dan flavonoid, yang bisa membantu mencegah bakteri yang bisa membuat gigi sakit.

Jenis Sayur dan Buah untuk Menjaga Kesehatan Gigi

3. Buah Beri

Jenis buah yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi, yaitu buah beri-berian seperti stroberi, rasberi dan blueberi. Buah beri memiliki kandungan antioksidan antosionin, yang bisa membantu melawan radikal bebas, dan bisa menghilangkan plak dan bakteri pada gigi. Kandungan antosianin bisa menghambat kerusakan gigi. Sehingga rutin mengonsumsi buah beri bisa membantu menjaga kesehatan gigi, gusi dan juga mulut.

4. Wortel

Jenis sayur seperti wortel, bisa membantu menjaga kesehatan gigi. Wortel juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Wortel memiliki kandungan yang kaya akan vitamin A dan vitamin C, dan mengandung antioksidan, yang  bisa memperkuat dan menjaga kesehatan gigi. Mengonsumsi sayuran seperti wortel, bisa membantu memperbanyak produksi air liur, yang berfungsi membersihkan asam yang menempel digigi.

5. Seledri

Jenis sayur yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi yaitu sayuran seledri. Selain baik untuk kesehatan gigi, seledri berfungsi untuk menyembuhkan jerawat. Karena kandungan yang terdapat di dalam seledri, bisa membantu mencegah peradangan, menurunkan tekanan darah dan mencegah terserang kanker. Seledri juga bisa membantu menjaga kesehatan mulut, karena batang seledri membantu memproduksi air liur di dalam mulut, dan bisa membantu membersihkan plak yang menempel di gigi.

Semoga informasinya bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading