Sukses

Lifestyle

Jangan Terlambat, Kenali Gejala Awal Diabetes

Fimela.com, Jakarta Diabetes atau penyakit gula sebenarnya tidak hanya bisa menyerang orang tua saja. Tetapi, juga bisa dijangkit anak-anak muda. Menjadi salah satu penyakit yang paling banyak diderita orang Indonesia, penyakit ini sudah tentu harus kita waspadai. 

Secara umum, penyakit ini terbagi menjadi Diabetes 1 dan 2. Namun, Healthline menulis, terdapat beberapa gejala umum, seperti mulut kering, terlalu sering buang air kecil, selalu lapar, lemas, hingga penglihatan kabur. Selain itu, luka pada pasien diabetes kerap kali sulit untuk sembuh dan mengalami gatal-gatal pada kulit serta infeksi jamur. Namun, ada beberapa ciri utama yang membedakan Diabetes 1 dan 2. 

Ciri Diabetes 1

 

Jenis diabetes ini sering ditemukan pada anak-anak dan anak muda. Gejalanya, antara lain mengalami penurunan berat badan yang drastis, infeksi jamur, memiliki gejala seperti flu, dan mengompol tiba-tiba. 

 

Ciri Utama Diabetes 2

Sementara itu, Diabetes 2 kerap kali ditemukan pada orang dewasa dan lanjut usia. Ciri-cirinya antara lain mengalami infeksi yang tidak kunjung sembuh, luka yang tidak kunjung sembuh, serta kandungan gula yang tinggi dalam darahnya. Selain itu, biasanya Diabetes 2 ini juga ditandai dengan komplikasi penyakit lain seperti masalah jantung. 

Cara Mencegah 

Penyakit ini sebenarnya bisa dicegah. Healthline menulis, memang ada hubungan antara konsumsi gula dalam jumlah banyak dengan penyakit ini. Namun, yang menyebabkan Diabetes terjadi adalah pankreas yang tidak bisa lagi bekerja dengan baik. Sehingga, kandungan gula pada darah sangat banyak. 

Untuk mencegahnya, Sahabat Fimela harus menjalani gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, dan makan makanan sehat serta mengurangi konsumsi makanan cepat saji. Selain itu, perbanyak asupan makanan yang kaya akan serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut Ini

;
Loading