Sukses

Lifestyle

Cinta Berubah Benci, 4 Kesalahan Berkomunikasi dalam Hubungan

ringkasan

  • Mudah Marah saat Diberi Saran atau Masukan
  • Melakukan Sesuatu yang Berbeda dari Ucapan

Fimela.com, Jakarta Sering kita mendengar bahwa komunikasi yang baik adalah kunci penting untuk menjaga hubungan harmonis dan langgeng. Bisa saling terbuka dan jujur dalam sebuh hubungan pun sangatlah penting. Selain itu, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari dalam berkomunikasi agar sebuah hubungan tak berujung perpisahan.

Ada sejumlah sikap yang perlu dihindari dalam berkomunikasi dengan pasangan. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum dalam berkomunikasi, hubungan bisa berpeluang lebih besar bertahan dan langgeng lebih lama. Dengan menghindari kesalahan-kesalahan umum ini, setidaknya kita bisa mencegah berubahnya perasaan yang tadinya cinta menjadi benci.

1. Mudah Marah saat Diberi Saran atau Masukan

Mengutip laman psychologytoday.com, langsung bereaksi marah dan bukannya bersikap terbuka saat diberi saran atau masukan merupakan salah satu sikap yang dapat merusak sebuah hubungan. Komunikasi adalah kunci untuk hubungan yang dekat. Tapi jika kita cenderung buru-buru marah atau membela diri saat diberi saran atau masukan oleh pasangan, maka pasangan akan merasa tidak nyaman. Kita memang tak harus selalu sepakat atau sehati terhadap semua hal dengan pasangan. Hanya saja bersikap untuk terbuka dan saling memahami tetaplah yang paling utama.

2. Melakukan Sesuatu yang Berbeda dari Ucapan

Bisa dibilang ini semacam sebuah kebohongan. Misalnya, kamu berkata akan selalu mengabari terlebih dahulu tiap kali pulang terlambat untuk bertemu teman di kafe. Tapi pada kenyataannya kamu sering tidak mengabari apa-apa dan malah membuat pasanganmu cemas. Ucapan berbeda dari tindakan. Tindakan tidak selaras dengan ucapan. Hal semacam ini bisa melunturkan kepercayaan dan malah hanya akan saling menyakiti.

3. Membuat Kesimpulan dan Prasangka Sendiri

Ketika pasangan melakukan sesuatu yang tak biasanya, kamu langsung membuat kesimpulan sendiri. Kamu menghadirkan prasangka-prasangka negatif berdasarkan perasaanmu sendiri. Padahal penting untuk selalu mengecek kebenaran dan kenyataan yang ada terlebih dahulu sebelum  membuat kesimpulan. Bila terjadi sikap menuduh pasangan atas hal yang sebenarnya tidak ia lakukan, maka yang muncul nantinya adalah luka. 

4. Tidak Menyediakan Waktu untuk Saling Mendengar

Tidaklah bijak bila kita ingin selalu didengar pasangan tapi kita tak pernah meluangkan waktu mendengarkannya. Didengar dan mendengar sama pentingnya dengan bicara dan mengutarakan isi pikiran. Jika yang muncul adalah perasaan abai atau cenderung tidak peduli satu sama lain, maka hubungan akan semakin renggang serta berjarak. 

Bila kita masih bingung cara membangun komunikasi yang baik dengan pasangan, setidaknya bisa memulainya dengan menghindari empat kesalahan di atas. Semoga perasaan cinta senantiasa terjaga dengan komunikasi yang baik. 

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Memasak Telur ala Koki agar Lebih Menarik dan Enak
Artikel Selanjutnya
Inilah Zodiak Paling Kejam di Antara yang Lainnya