Sukses

Lifestyle

Pawai Bebas Plastik 2020 Libatkan 100 Organisasi dan Komunitas Seluruh Indonesia Secara Daring

Fimela.com, Jakarta Pawai Bebas Plastik 2020 menyertakan lebih dari 100 organisasi dan komunitas sebagai partisipan di penyelenggaraan mereka tahun kedua ini. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah semakin teredukasi tentang krisis sampah plastik perlu segera diselelasikan dengan kebijakan nyata dan terintegrasi.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membuat Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 142 Tahun 2019 tentang Kewajiban Penggunaan Kantong Belanja Ramah Lingkungan pada Pusat Perbelanjaan, Toko Swalayan, dan Pasar Rakyat. Ini merupakan langkah maju bagi Indonesia untuk mengurangi sampah plastik di lautan sebanyak 70% pada tahun 2025 dan bebas sampah plastik pada 2040.

Saat ini, sudah ada lebih dari 30 kabupaten/kota dan provinsi yang memiliki peraturan di tingkat daerah yang melarang penggunaan kantong plastik dan plastik sekali pakai lainnya. Pada pawai tahun lalu, Provinsi DKI Jakarta juga didorong mengikuti jejak Provinsi Bali yang telah menerapkan larangan kantong plastik, sedotan, dan polistirena.

 

Pawai Bebas Plastik 2020

Pawai Bebas Plastik memiliki 3 tuntutan sejak tahun lalu, yaitu mendorong pemerintah untuk melarang penggunaan plastik sekali pakai, mendorong pemerintah untuk meperbaiki sistem tata kelola sampah, dan mendorong produsen dan pelaku usaha untuk bertanggung jawab atas sampah pasca konsumsi. Melihat realitas selama masa pandemi, konsumsi plastik sekali pakai mengalami kebaikan dan harus segera diatasi dengan penanganan yang cepat dan menyeluruh.

Sampah plastik yang tidak tertampung di TPA banyak mengalir ke sungai dan laut, sedangkan sistem pemilahan dan pengelolaan sampah nasional juga belum ideal. Tingkat daur ulang dalam negeri juga masih rendah membuat kapasitas sejumlah TPA terlampaui.

Inilah mengapa keterlibatan banyak pihak sangat penting untuk menyelesaikan krisis sampah plastik secepat mungkin. Kita bisa mulai mencoba dengan hal-hal sederhana, seperti berbelanja dengan tas belanja sendiri, serta membeli makan dan minuman dengan peralatan makan sendiri.

Pawai Bebas Plastik 2020 diadakan mulai dari tanggal 25 sampai 26 Juli 2020 melalui akun YouTube Pawai Bebas Plastik. Penasaran?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading