Sukses

Lifestyle

Dia Penghambat Hidupmu, 4 Cara Menghadapi Pasangan yang Nggak Suportif

Fimela.com, Jakarta Seseorang yang tulus mencintaimu tak semestinya menjadi penghambat hidupmu. Jika dia benar-benar mencintaimu, dia akan selalu berusaha menjadi pendukung impian dan penyemangat hidupmu. Tapi kalau lama kelamaan dia malah cenderung pesimis dan tak pernah memberi dukungan apa pun untuk membantumu menjadi pribadi yang lebih positif, hm... tampaknya ada hal-hal yang perlu dibereskan lebih dahulu.

Bagaimana menghadapi pasangan yang tidak suportif? Ada banyak cara yang bisa dicoba. Bisa juga disesuaikan dengan karakter dan kepribadiannya. 

1. Utarakan Isi Hatimu

Tak ada salahnya untuk jujur kepada pasanganmu. Misalnya, kamu bisa mengungkapkan rasa sedihmu langsung kepada pasanganmu ketika kamu merasa pasanganmu tak mendukung atau memberimu semangat. Mungkin saja dia tak sadar dengan sikapnya yang melukaimu. Komunikasikan baik-baik dan jika memang ada kesalahpahaman maka perlu segera diluruskan.

2. Katakan yang Kamu Inginkan

Bantu dia untuk memahami kebutuhanmu. Ungkapkan apa yang kamu inginkan. Saat kamu merasa butuh motivasi dan semangat darinya, tak ada salahnya untuk memintanya langsung kepada pasanganmu. Sebaiknya jangan mengasumsikan pasanganmu bisa membaca semua isi pikiranmu. 

3. Jadilah Pasangan yang Suportif

Pertengkaran bisa makin parah bila saling menyalahkan. Sebelum menuntut pasangan untuk suportif, ada baiknya untuk menjadi pasangan yang suportif juga. Menyelaraskan sebuah hubungan butuh kompromi dari kedua belah pihak. Bisa jadi penyebab pasanganmu tidak suportif adalah karena kamu juga tidak suportif. Tak ada salahnya untuk memulai dari diri sendiri menjadi pribadi yang suportif supaya pasangan juga bisa termotivasi untuk lebih suportif juga.

4. Jika Hubungan Terasa Makin Beracun, Coba Evaluasi Lagi

Bila hubungan yang dijalani saat ini belum sampai ke pernikahan, coba evaluasi lagi situasinya. Jangan sampai kita mengorbankan kehidupan kita karena seseorang yang tak layak diperjuangkan. Kalau sikapnya yang tidak suportif disertai dengan berbagai perangai buruk lainnya, tampaknya dia memang bukan orang yang terbaik untukmu. Coba pertimbangkan lagi apakah hubungan ini layak dipertahankan atau justru dilepaskan. 

Tidak selalu mudah menghadapi pasangan yang tidak suportif. Jelas rasanya tidaklah menyenangkan memiliki seseorang yang memberi pengaruh buruk dan membuat hidup kita makin negatif. Semoga hubungan yang kamu jalani saat ini bisa memberikan warna-warni kehidupan yang lebih cerah untuk hidupmu.

#ChangeMaker

;
Loading