Sukses

Lifestyle

4 Tips yang dapat Dilakukan untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Fimela.com, Jakarta Tingkat kecerdasan emosional dapat sangat memengaruhi kalitas hubungan, cara mengelola stres, seberapa baik dirimu berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarmu, dan bahkan seberapa baik dirimu dalam mengerjakan pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan emosi dirimu.

Menerapkan Gaya Komunikasi yang Tegas

Komunikasi yang asertif dapat menghasilkan keajaiban dalam hal mendapatkan rasa hormat tanpa terkesan terlalu pasif atau terlalu agresif. Orang dengan tingan EQ tinggi memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bagaimana berkomunikasi sudut pandang dan kebutuhan mereka secara langsung sambil tetap menunjukkan rasa hormat kepada orang lain.

Jauhkan Dirimu dari Emosi Negatif

Begitu dirimu memperlajari cara mengelola dan mengurangi emosi negatif, dirimu tidak akan mudah kewalahan. Jika seseorang membuatmu kesal, cobalah untuk tidak langsung mengambil kesimpulan dengan cepat. Sebaliknya, lihat situasi dari setiap sudut pandang yang memungkinkan. Cobalah untuk lebih objektif sehingga, dirimu tidak mudah terjebak dalam hal-hal negatif. Latihan seperti meditasi dan perhatikan bagaimana perspektifmu tentang dunia berubah menjadi lebih baik.

Berlatih Empati

Memperhatikan isyarat verbal dan non-verbal dapat memberimu pemahaman yang tak ternilai tentang perasaan orang yang berinteraksi denganmu. Berlatih berjalan pada posisi orang lain dan cobalah untuk melihat sesuatu dari sudut pandang mereka.

Kembangkan Keterampilan Kepemimpinanmu

Orang dengan kecerdasan emosional tinggi memiliki keterampilan kepemimpinan yang hebat. Mereka memiliki standar yang tinggi untuk diri mereka sendiri dan memberikan contoh yang baik untuk diikuti orang lain. Mereka tidak takut mengambil risiko dan memiliki keterampilan pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yang kuat, yang pada gilirannya, memungkinkan tingkat kinerja yang lebih baik dan lebih produktif di tempat kerja serta dalam kehidupan.

Berikut tadi beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional yang bermanfaat untuk dirimu. Ini akan membantumu untuk memiliki hubungan yang baik dengan setiap orang.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading