Sukses

Parenting

4 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur untuk Kecerdasan Emosional Anak

Fimela.com, Jakarta Dongeng menjadi salah satu media hiburan untuk anak, walau kini kebanyakan orangtua memilih memanfaatkan gadget atau televisi. Padahal, dongeng memberikan manfaat yang lebih banyak dari kedua opsi tersebut. Membacakan dongeng yang tepat pada anak dapat memberikan manfaat pada perkembangan psikologis dan kecerdasan emosional anak.

Maka tak ada salahnya jika orangtua mendongengkan si kecil, minimal ketika sebelum mereka tidur malam. Lalu apa manfaatnya? Berikut ulasannya, dilansir dari berbagai sumber.

1. Memiliki waktu berkualitas bersama anak

Menyisihkan waktu setiap malam untuk membaca dongeng bersama buah hati adalah cara yang bagus untuk mendengarkan cerita yang sangat disukai. Ini membuat orangtua memiliki waktu bersama anak.

2. Memperkaya kosakata anak

Membacakan dongeng juga dapat memperkaya kosakata anak. Ingatan anak masih sangat mudah untuk mengingat Dalam cerita dongeng tersebut banyak kata-kata baru yang bisa diserap oleh anak.

3. Melatih kemampuan berpikir kritis dan daya imajinasi

Saat mendongeng, anak-anak akan berpikir mengenai alur ceritanya. Gabungan antara gambar dan tulisan akan membuatnya berimajinasi. Pada akhirnya, dongeng menstimulasi berbagai macam perasaan, keingintahuan, dan pencarian makna cerita tanpa batas.

4. Mengajarkan anak berpikir positf

Anak-anak belajar dari karakter dalam cerita dongeng dapat membantunya menghubungkan situasi dengan kehidupan mereka sendiri.

Manfaat dongeng tersebut menunjukkan kepada anak-anak bagaimana cara memiliki pandangan positif di tengah-tengah kecemasan, perkelahian, dan masalah dalam hidup. Cara ini juga mampu mengajarkan anak dalam keterampilan berpikir kritis.

 

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
4 Tips Sederhana Menghadapi Anak yang Rewel saat Terbangun dari Tidur
Artikel Selanjutnya
Mengoptimalkan Perkembangan Anak dengan Pendekatan DIR Floortime, Apa Itu?