Sukses

Lifestyle

Cara Mengocok Putih Telur agar Mengembang Sempurna, Simak 3 Tipsnya

ringkasan

  • Gunakan Wadah yang Kering dan Bersih
  • Awali dengan Kecepatan Terendah
  • Gula Dimasukkan Sedikit demi Sedikit

Fimela.com, Jakarta Saat membuat kue atau cake, kadang kita perlu menyiapkan putih telur yang dikocok dengan mixer sampai mengembang. Bahkan pada beberapa resep, hasil kocokan putih telur sangat memengaruhi hasil kue atau cake yang dibuat. Hanya saja di antara kita kadang masih saja kesulitan mengocok putih telur sampai mengembang sempurna.

Supaya hasil kocokan putih telur bisa mengembang sempurna, ada sejumlah tips yang perlu diperhatikan. Sebenarnya tidak susah, kok. Selengkapnya langsung saja simak di sini uraiannya.

1. Gunakan Wadah yang Kering dan Bersih

Nah, ini tips yang paling dasar. Gunakan wadah yang bebas lemak dan minyak. Pastikan wadah benar-benar bersih dan dalam keadaan kering. Selain itu, pastikan terbebas dari kuning telur. Kalau putih telur masih tercampur dengan kuning telur, lemak, atau minyak, hasil kocokan putih telur bisa gagal. Lebih disarankan menggunakan bahan dari bahan stainless steel.

2. Awali dengan Kecepatan Terendah

Mengocok putih telur pada dasarnya adalah menambah udara. Atur mizer dengan kecepatan terendah terlebih dahulu. Pada awal proses pengocokan, akan terbentuk gelembung udara tapi masih belum rata. Saat gelembung sudah stabil baru naikkan kecepatan mixer. Dengan menggunakan kecepatan yang dimulai dari rendah lalu ke sedang, tekstur yang dihasilkan bisa lebih rata. Saat gelembung udara yang terbentuk mulai kecil, kita bisa menaikkan kecepatan mixer menjadi maksimum. Kocok hingga tekstur busa putih telur terlihat halus dan lembut.

3. Gula Dimasukkan Sedikit demi Sedikit

Ini juga tak kalah penting. Sebaiknya masukkan gula sedikit demi sedikit dan tidak terpusat di satu tempat saja. Saat gula sudah masuk seluruhnya, baru kecepatan mixer bisa dimaksimalkan. Jangan terlalu terburu-buru saat mengocok putih telur. Konsistensi adalah salah satu kunci penting untuk menghasilkan kocokan putih telur yang mengembang sempurna.

Semoga info dan tipsnya bermanfaat, ya.

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tips Membuat Keripik Sayur Bebas Minyak
Artikel Selanjutnya
Ingin Hadirkan Kuliner Khas Bali dan Lombok? Ini Rahasia Agar Lezatnya Beda