Sukses

Lifestyle

Beragam Aktivitas dengan Risiko Tinggi Penyebaran Virus Corona COVID-19 yang Harus Kamu Hindari

Fimela.com, Jakarta Penyebaran COVID-19 masih sangat tinggi sampai dengan hari ini, terlebih dengan adanya super spreader. Super spreader adalah istilah non ilmiah yang digunakan untuk menggambarkan orang yang secara tidak sengaja menginfeksi lebih banyak orang lain secara signifikan.

Di dalam sebuah acara, seseorang bisa menginfeksi 10 orang lainnya atau bahkan lebih dengan CIVOD-19, sehingga disebut sebagai super spreader. Sejauh ini, ada beberapa tempat yang memiliki risiko tinggi untuk menyebarkan COVID-19, seperti pabrik, penjara, klub malam, dan bar.

Tempat-tempat tersebut mengharuskan orang-orang berdekatan satu sama lain, memiliki ventilasi yang buruk, dan virus bisa menyebar dengan cepat. Menurut analisis dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, panti jompo, tempat ibadah, tempat kerja, pesta pernikahan, acara olahraga, dan konferensi juga memiliki risiko tinggi menyebarkan COVID-19.

 

Mengenali tempat-tempat yang berisiko paling tinggi menyebarkan COVID-19

Selain jenis tempat, kamu juga harus fokus pada kondisi lingkungan yang sekiranya membantu penyebaran COVID-19. Berada di dalam ruangan tertutup, dengan banyak orang yang berdekatan, ventilasi yang buruk, dan lingkungan yang relatif dingin bisa memfasilitasi penularan COVID-19 yang lebih besar.

Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah, apakah orang-orang di sekitarmu memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah atau masalah kesehatan yang mendasari. Ada sekitar 10% orang yang dianggap bertanggung jawab atas 80% kasus baru di awal pandemi.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19, yaitu dengan menghindari ruang tertutup, tempat dengan ventilasi yang buruk, dan tempat ramai dengan orang-orang yang saling berdekatan satu sama lain. Apa kamu masih berpergian ke tempat-tempat dengan risiko penyebaran COVID-19 yang tinggi?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading