Sukses

Lifestyle

5 Cara Menikmati Hidup di Tengah Pandemi Covid-19

ringkasan

  • Menikmati hidup tidak ada artinya tanpa kesehatan.
  • Dengan tubuh yang sehat maka akan bisa menikmati indahnya hidup.
  • Banyak cara untuk mendapatkan kesehatan, salah satunya yang utama adalah melalui pola makan bergizi seimbang, termasuk rutin mengonsumsi buah dan sayur

Fimela.com, Jakarta Menikmati hidup tidak ada artinya tanpa kesehatan, terlebih kemerdekaan masyarakat global, khususnya Indonesia sekarang ini sedang terbelenggu oleh pandemi COVID-19 dan beragam penyakit menular lainnya.

kata dr. Hilna Khairunissa M. Gizi Sp.Gk menyampaikan kesehatan itu adalah kemerdekaan mutlak setiap individu. Dengan tubuh yang sehat maka akan bisa menikmati indahnya hidup.

"Banyak cara untuk mendapatkan kesehatan, salah satunya yang utama adalah melalui pola makan bergizi seimbang, termasuk rutin mengonsumsi buah & sayur," ujarnya dalam siaran pers Fibrefirst.

dr. Hilna Khairunissa M pun memberikan beberapa langkah menikmati hidup dengan tubuh yang sehat di tengah pandemi covid-19.

 

1. Konsumsi Cukup Buah & Sayur Setiap Harinya

Seperti yang telah disebutkan di atas, buah dan sayur adalah kunci dasar kesehatan karena dapat memberikan serat dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Serat dengan kualitas yang baik akan membuat pencernaan sehat, dan dengan pencernaan sehat maka imun tubuh pun jadi kuat. Menurut penelitian menunjukan 70% sel imun terdapat di sistem pencernaan.

Selain itu, dengan pencernaan sehat maka penyerapan nutrisi pun akan lebih optimal. Suplemen seperti FibreFirst bisa menjadi alternatif untuk memenuhi asupan serat dan nutrisi harianmu jika dalam sehari-harinya belum dapat memenuhi kebutuhan serat yang cukup.

2. Berolahraga Secara Rutin

Bagi sebagian orang, olahraga masih menjadi aktivitas yang bolong-bolong. Taukah kamu, dengan mulai merutinkan olahraga maka tubuh sehat, bugar, dan ideal bukan lagi impian. Banyak jenis olahraga, pilih beberapa yang memang sesuai dan kamu sukai dengan durasi minimal 30 menit, dengan frekuensi 5 kali dalam seminggu.

3. Berpikir Positif

Pola pikir dapat mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Berpikir positif adalah kunci utama dalam mengelola stress, yang selanjutnya akan berperan mendatangkan banyak manfaat kesehatan seperti: tidak mudah sakit, usia harapan hidup lebih panjang, tingkat depresi lebih rendah, mampu berpikir kreatif, dan kemampuan memori serta daya konsentrasi yang lebih tinggi.

4. Tidur Cukup

Tidur termasuk dalam aktivitas yang memiliki banyak manfaat seperti meningkatnya imun tubuh, meningkatnya daya ingat, dan pengendalian nafsu makan. Bagi orang dewasa, tidur selama tujuh hingga delapan jam sangat dianjurkan. Namun, perhatikan juga kualitas tidurmu seperti dengan set suhu pendingin dan mematikan lampu untuk menciptakan suasana tidur yang tenang dan nyaman.

5. Optimalkan Detox

Detox adalah proses upaya memerdekakan tubuh dari kotoran dan racun yang menumpuk, utamanya pada sistem pencernaan. Jika detox dilakukan dengan rutin dan optimal, maka akan memberikan berbagai manfaat baik untuk tubuh. Sebenarnya tubuh sudah memiliki fungsi detox alami, sayangnya sering kali kita menjalani gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan tinggi lemak, garam, rendah serat dan nutrisi. Hindari mengonsumsi alkohol karena akan meningkatkan produksi racun serta radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.

“Karena itulah sangat penting agar proses detoksifikasi dalam tubuh dapat berlangsung dengan optimal untuk membuang keluar semua racun dan zat-zat berbahaya dari tubuh. Agar detox lebih optimal dapat juga dibantu dengan mengonsumsi suplemen kesehatan”, kata Nourmatania Istiftiani SKM selaku Scientific FibreFirst.

 

 

 

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading