Sukses

Lifestyle

Hobi Baca Buku Ternyata Bisa Ungkap Kepribadian, Ini Faktanya

Fimela.com, Jakarta Tidak semua orang punya hobi membaca. Budaya membaca juga butuh dibiasakan sejak kecil, apa pun bahan bacaannya. Jika kamu termasuk orang yang suka membaca, mungkin kamu akan tertarik menyimak fakta berikut. Karena ternyata dari membaca kita bisa menebak seperti apa kepribadian seseorang.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Kingston University, London, menemukan bahwa orang yang suka membaca ternyata memiliki kepribadian yang lebih baik dibanding orang yang tak suka membaca.

Rose Turner sebagai peneliti melibatkan 123 mahasiswa pascasarjana untuk mengetahui efek membaca dan menonton televisi terhadap perilaku sosial mereka. Mereka diminta memilih membaca buku atau menonton TV, kemudian melalui uji keterampilan interpersonal sebesar apa mereka mempertimbangkan perasaan orang lain.

Orang hobi baca buku punya empati tinggi

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mereka yang membaca novel romantis dan drama menunjukkan rasa empati yang lebih tinggi. Sedangkan mereka yang lebih suka membaca novel fiksi punya pikiran positif dan memiliki kemampuan bersosialisasi yang lebih baik.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal American Psychological Society ini juga menemukan bahwa mereka yang terlalu sering nonton TV punya rasa empati yang rendah dan kurang bisa memahami perasaan orang lain dan menempatkan diri di posisi orang lain. Hal ini tidak mengejutkan karena orang yang lebih sering membaca memiliki pengetahuan dan pemikiran yang lebih bijak dibanding yang jarang membaca.

Ini bukan pertama kalinya penelitian ilmiah sejenis menemukan manfaat baik membaca. Bahkan secara mengejutkan juga bisa mengetahui seperti apa kondisi psikologis dan kepribadian seseorang.

Jika kamu tipe yang hobi membaca, coba deh cek apakah kepribadianmu seperti itu juga Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading