Sukses

Lifestyle

Ternyata, Ada Biaya Tersembunyi untuk WFH selama Pandemi

Fimela.com, Jakarta Terhitung sejak awal tahun, banyak pekerja mulai melakukan WFH, bekerja dari rumah karena pandemi. Menurut penelitian, WFH memberi keuntungan, baik dari pihak perusahaan, maupun para pekerja.

Perusahaan dapat menghemat uang untuk biaya operasional dan fasilitas, sedangkan para pekerja dapat bekerja lebih produktif di rumah selama WFH. Sayangnya, banyak orang justru merasa stres karena batasan yang kabur dan privasi menjadi langka.

Dikatakan WFH juga dapat menimbulkan kerugian finansial dan psikologis bagi para pekerja yang tiba-tiba menanggung biaya yang biasanya ditanggung oleh perusahaan. Kebanyakan orang tidak memiliki ruang untuk dijadikan kantor, sehingga dengan kebijakan WFH, mereka harus membuatnya terlebih dahulu, seperti dilansir dari huffpost.com.

 

Biaya tambahan yang tak dirasakan selama WFH

Selain itu, bekerja dari rumah juga membutuhkan berbagai peralatan yang sebelumnya disediakan oleh kantor. Menarik bahwa sekarang semua orang masuk ke dalam gagasan bahwa ini adalah normal dan kita harus menanggung berbagai biaya tambahan yang sebelum tidak ada.

Belum lagi gaji yang disesuaikan bagi para pekerja yang WFH. Banyak pekerha yang dipersilakan bekerja dari jarak jauh, memutuskan untuk pulang ke rumah dengan biaya hidup yang lebih rendah, karena menghadapi pemotongan gaji sejak pandemi.

Jangan lupakan biaya internet, listrik, air, pemanas, dan AC. Ini adalah hal-hal yang biasanya ditanggung kantor demi lingkungan kerja yang nyaman. Apa kamu juga merasakannya?

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Solusi Sederhana untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuh saat WFH
Artikel Selanjutnya
5 Tips Menjaga Kesehatan Mental saat WFH