Sukses

Lifestyle

Tak Ingin Terlilit Utang? Ini 3 Tips Menghindari Utang Berlebih

Fimela.com, Jakarta Utang, merupakan salah satu hal yang membuat stres dalam hidup, yang membuat kita terjaga di malam hari. Bahkan hal itu juga sering kali menyebabkan depresi dan kecemasan bagi puluhan juta orang. Terkadang sebagian orang merasa kesulitan untuk melunasi utang mereka dengan berbagai alasan. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang dapat membantu Sahabat Fimela untuk menghindari penumpukan hutang.

Kurangi Pinjaman

Jumlah utang yang dipinjam akan menentukan seberapa besar nilai kredit akan terpengaruh. Jadi usahakan untuk menjaga batasi penggunaan kartu kredit secara berlebih. Ini akan menghindarkanmu dari masalah keuangan di kemudian hari. Sederhana saja, semakin banyak dirimu berutang, semakin sulit untuk menulasinya. Jangan biarkan membuat pengeluaran berlebihan dan mulailah untuk menabung.

Buat Dana Darurat

Inilah cara hidup yang paling tidak pernah terpikirkan untuk dilakukan. Buatlah rekening tabungan darurat dan menabunglah secara rutin. Mengapa dana darurat diperlukan? Dirimu tidak pernah tahu kapan dirimu mungkin kehilangan pekerjaan atau sesuatu yang yang dirimu miliki seperti mobil rusak. Jadi lebih baik menabunglah untuk dana darurat daripada menyesal di kemudian hari.

Tak Memaksakan untuk Membeli Sesuatu

Semua orang tentu memiliki harapan dan keinginan untuk memiliki sesuatu, baik itu rumah, mobil, perhiasan atau lainnya. Jika tak ingin memiliki masalah keuangan yang menghantuimu. Belilah sesuatu sesuai dengan kemampuanmu, ini akan menghindarkanmu untuk berhutang atau melakukan pembelian kredit dengan angsuran setiap bulan. Belilah barang yang dirimu inginkan sesuai dengan budget yang kmau miliki. Jika itu belum memenuhi, dirimu dapat menabungnya terlebih dahulu untuk membelinya.

Berikut tadi beberapa cara sederhana agar dirimu terhindar dari utang. Tetap kelola keuangan dengan baik, dan jangan lupa untuk membuat anggaran yang akan memudahkanmu.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading