Sukses

Lifestyle

800 Ribu Kuota Disiapkan untuk Kartu Prakerja Gelombang 9, Kamu Sudah Daftar?

Fimela.com, Jakarta Pendaftaran kartu prakerja kembali dibuka untuk gelombang 9 pada Kamis (17/9/2020) pukul 12.00 WIB. Sebanyak 800 ribu kursi disiapkan untuk pembukaan kartu prakerja.

Pada pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 9, pemerintah sudah menghilangkan swafoto sebagai salah satu syarat pendaftaran. Kini, calon peserta hanya mempersiapkan NIK dan nomor KK yang sesuai.

Pendaftaran pun bisa dilakukan dengan dua cara, yakni online dan offline. Untuk pendaftaran online, bisa langsung mendaftar melalui laman www.prakerja.go.id.

Sementara untuk pendaftaran offline, calon peserta Kartu Prakerja bisa mendaftar melalui Kementerian Ketenagakerjaan atau pemerintah daerah khususnya Dinas Ketenagakerjaan. Calon peserta bisa mendaftarkan secara individu maupun kolektif.

 

Kartu prakerja

Kartu prakerja sendiri menjadi upaya dari pemerintah untuk meningkatkan kompetensi kerja masyarakat melalui pembiayaan pelatihan dan insentif pasca pelatihan. Setiap peserta hanya bisa menerima bantuan ini sekali seumur hidup.

Akibat pandemi COVID-19, pemerintah menaikkan anggran program Kartu Prakerja dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun. Hal ini dikarenakann banyak perusahaan yang merumahkan hingga memecat karyawannya.

Program Kartu Prakerja menyasar kepada masyarakat yang sedang mencari kerja, pekerja yang di PHK dan berpotensi ter-PHK. Saat ini Kartu Prakerja juga diprioritaskan bagi para pekerja dan pelaku uaha kecil yang terdampak pandemi COVID-19. Penerima manfaat pun ditambah dari dua juta orang menjadi 5,6 juta orang.

 

Simak video berikut ini

#changemaker

;
Loading