Sukses

Lifestyle

Rutinitas di Pagi Hari yang Dapat Mengurangi Stres

Fimela.com, Jakarta Stres dapat terjadi kapan saja dan pada siapa saja. Beberapa orang bahkan merasa stres sejak mereka membuka mata di pagi hari.

Aktivitas di pagi hari ternyata sangat berpengaruh dalam pengaturan pola kegiatan sepanjang hari. Ini berarti memulai hari dengan rasa tenang penuh percaya diri akan membuat sisa hari tersebut menjadi lebih teratur dan mengurangi risiko kamu merasa stres.

Dilansir dari huffpost.com, berikut ini adalah aktivitas di pagi hari yang dapat mengurangi stres. Penasaran?

1. Pertimbangkan berapa banyak waktu yang kamu sisihkan untuk diri sendiri

Di pagi hari, kamu memiliki kendali. Bangunlah lebih awal di pagi hari, sehingga kamu tidak perlu terburu-buru.

Dan jangan memaksakan diri karena tidur juga memainkan peran penting dalam regulasi emosional. Setelah itu, cari tahu ritual seperti apa yang paling cocok kamu lakukan di pagi hari setelah bangun tidur.

2. Membuat ritual yang mudah dan menyenangkan

Kamu tidak perlu memikirkan ritual yang rumit di pagi hari. Ritual paling efektif adalah ritual yang bisa kamu nikmati dan mudah diintegrasikan ke dalam hidup. Bukan mengubah apa yang biasa kamu lakukan, namun menambahkan perubahan kecil dan positif untuk digabungkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Tidak apa untuk tidak menjalankan ritual di pagi hari dengan sempurna, tidak perlu membuat dirimu sendiri semakin stres.

 

Rekomendasi aktivitas untuk dilakukan di pagi hari

Kamu bisa mulai dengan minum air putih di pagi hari, sebelum jenis minuman lainnya. Air putih akan meningkatkan fungsi kognitif tubuh, membuatmu lebih fokus dan meningkatkan suasana hati.

Berjalan-jalan di sekitar rumah juga bisa dicoba. Sinar matahari pagi dapat merangsang serotonin yang pada akhirnya meningkatkan suasana hati.

Melakukan peregangan dan meditasi juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk dilakukan di pagi hari setelah kamu bangun tidur. Tunda dulu memeriksa ponsel, apapun notifikasi yang masuk, mereka bisa menunggu.

Membiasakan diri adalah kunci memiliki ritual pagi yang baik. Jika kamu sudah memiliki ritual pagi hari yang diinginkan, usahakan itu spesifik dan konsisten dalam melakukannya. Selamat mencoba!

Saksikan video menarik setelah ini

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading