Sukses

Lifestyle

Cara agar Kulit Telur Tidak Pecah saat Direbus dengan Jeruk Nipis

Fimela.com, Jakarta Pernahkah Sahabat Fimela kesal saat merebus telur? Terkadang telur akan pecah saat direbus sehingga putih telurnya keluar dari cangkang dan bentuknya jadi tidak karuan.

Bukan hanya itu, ketika telur sudah pecah dan rusak, biasanya bagian dalam telur yang direbus juga jadi berair dan susah dikupas. Untuk mencegah kulit telur pecah saat direbus, ada cara unik yang mungkin bisa kamu coba lakukan, yaitu menggunakan jeruk nipis atau lemon. Bahan yang kamu butuhkan cukup telur dan beberapa jeruk nipis secukupnya.

Caranya:

  1. Potong-potong jeruk nipis atau lemon, kemudian peras dan oles-oles merata ke permukaan kulit telur. Biarkan kering, lalu masukkan ke dalam air yang belum mendidih.
  2. Jika mengeluarkan telur dari kulkas, rendam dulu ke dalam air biasa hingga suhu dinginnya hilang. Setelah itu baru oles merata pada kulitnya.
  3. Masukkan telur ke dalam air yang masih baru dipanaskan. Biarkan mendidih. Masukkan juga kulit jeruk ke dalam air rebusan jika perlu.

Trik ini bisa berhasil mencegah kulit telur pecah karena kandungan asam pada jeruk nipis atau lemon membantu menjaga kulit telur tetap padat saat kontak dengan suhu panas sehingga tidak mudah pecah. Bukan hanya mencegah kulit telur pecah saat direbus, cara ini juga mempermudah kuit telur dikupas saat sudah matang.

Hindari memasukkan telur saat air sudah mendidih, karena itu yang memicu pecahnya telur saat direbus. Nah, coba cara ini ya setiap kali merebus telur. Jika tak ada jeruk nipis atau lemon, bisa juga menggunakan cuka.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Idap Kanker, Kisah Pilu Pria yang Lulus Kuliah Sebelum Tutup Usia
Artikel Selanjutnya
Update Corona 11 Oktober Tambah 4.497 Kasus Baru Covid-19