Sukses

Lifestyle

Membayar Lunas Utang Terbukti Membuat Pikiran dan Mental Lebih Waras

Fimela.com, Jakarta Banyak orang mengeluh tak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan ada juga yang mengeluh tak bisa memenuhi gaya hidupnya yang mewah sehingga memutuskan berhutang ke siapa saja. Meski mungkin tidak tampak berbahaya, tapi punya banyak utang secara mengejutkan punya efek negatif terhadap kesehatan otak.

Sebuah penelitian yang dilakukan para peneliti dari National University of Singapore’s Social Service Research Centre menemukan bahwa melunasi utang bukan hanya mampu menghapuskan beban keuangan namun juga menghilangkan beban pikiran sehingga mampu meningkatkan fungsi otak dalam berpikir jernih, mengurangi kecemasan bahkan meningkatkan kendali diri.

Punya utang bikin pikiran kacau

Peneliti menganalisis data dari hampir 200 partisipan yang memiliki pendapatan rendah dan banyak hutang untuk menguji tingkat kecemasan dan gangguan dalam menyelsaikan masalah serta membuat keputusan terkait keuangan.

Penulis penelitian Dr. Ong Qiyan, National University of Singapore mengungkapkan bahwa tingkat kesalahan dalam tes uji kognitif menurun menjadi 4% dibandingkan ketika mereka masih memiliki banyak utang yang mencapai 17%. Kecemasan mereka juga menurun dari 78% ke 53% setelah utang dilunasi.

Secara tidak langsung penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences Amerika Serikat ini menekankan pentingnya melunasi utang jika ingin memiliki hidup dengan pikiran stabil dan mental yang waras.

Hem, semoga bisa jadi pengingat untuk mereka yang suka berutang ya, Sahabat Fimela.

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading