Sukses

Lifestyle

5 Tips Mengatur Asupan Makanan untuk Cegah Bad Mood saat Haid

Fimela.com, Jakarta Saat haid, karena perubahan hormon dalam tubuh kerap kali kita akan mudah marah. Gampang bete, bad mood, dan sangat sensitif sehingga gampang tersinggung. Memang tidak mudah untuk menstabilkan suasana hati saat sedang datang bulan.

Salah satu cara untuk mencegah bad mood adalah mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ada sejumlah tips terkait asupan makanan yang bisa diikuti agar haid tidak terlalu menyiksa. Selengkapnya langsung saja simak di sini.

1. Mengonsumsi Dark Chocolate

Melansir coach.nine.com.au, Lara Briden penulis Period Repair Manual mengungkapkan bahwa mudah lapar saat haid adalah sesuatu yang normal. Hal ini karena ada kadar ada peningkatan hormon progesteron yang terjadi. Peningkatan progesteron pada tubuh bisa menyebabkan peningkatan nafsu makan. Untuk mengendalikan nafsu makan, kita bisa mengonsumsi dark chocolate. Dark chocolate mengandung magnesium yang sebelumnya kusebutkan sebagai salah satu penstabil suasana hati yang penting, serta dark chocolate memiliki kandungan yang secara langsung dan positif memengaruhi neurotransmiter kita," papar Briden. Konsumsi dark chocolate dengan kandungan setidaknya 80% cokelat alami untuk atasi nafsu makan yang sulit dikontrol selama haid.

2. Hindari Mengonsumsi Garam dan Gula Rafinasi Berlebih

Banyak makanan olahan dan kalengan yang memiliki kandungan sodium tambahan. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari konsumsi makanan cepat saji atau junk food saat jelang atau sedang haid. Konsumsi garam berlebih dikhawatirkan akan menyebabkan perut kembung dan retensi cairan yang bisa membuatmu makin tak nyaman. Hindari pula konsumsi gula dan gula rafinasi berlebih. Ganti dengan konsumsi lebih banyak buah-buahan segar.

3. Mengonsumsi Buah Pisang

Mengutip laman byrdie.com dalam artikel "Best Foods to Eat on Your Period", kandungan vitamin B6 yang tinggi pada buah pisang membuatnya jadi buah terbaik untuk menstabilkan suasana hati. Selain itu, buah pisang kaya kalium dan magnesium yang dapat mengurangi risiko perut kembung dan retensi cairan dalam tubuh. Buah pisang juga dapat mengatasi masalah pencernaan yang kerap dialami sebagian perempuan saat sedang haid.

4. Batasi Makanan dan Minuman Berkafein

Melansir laman onhealth.com, menghindari kafein dapat membantu redakan nyeri haid. Kafein ini tak hanya yang ada pada kopi, tapi juga yang ada pada soda dan minuman berenergi. Bila dalam keseharian kita terbiasa minum kopi, ada baiknya konsumsinya dikurangi saat sedang haid. Sebagai gantinya, bisa coba konsumsi smoothies yang mengandung sayuran kaya anti oksidan dan aneka buah beri. Minum minuman berkafein akan membuat kita rentan dehidrasi karena sifat kafein yang menyebabkan efek diuretik (membuat frekuensi buang air kecil lebih sering).

5. Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

Ada baiknya untuk memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Salah satunya adalah seledri. Mengutip laman organicsoul.com, seledri baik dikonsumsi saat sedang haid karena bisa bantu meredakan perut kembung yang menyakitkan. Kandungan airnya yang tinggi bisa mencegah dehidrasi dan melancarkan pencernaan. Kita bisa mengonsumsi seledri yang diolah menjadi sup bila tak suka mengonsumsinya dalam keadaan mentah.

Semoga info di atas bermanfaat dan membantumu untuk lebih nyaman ketika haid, ya. Mengatur asupan makanan dengan baik dapat menjadi salah satu solusi sehat untuk tidak mudah uring-uringan saat datang bulan.

#ChangeMaker

;
Loading