Sukses

Lifestyle

4 Tips Membuat Adonan Tepung yang Tepat agar Gorengan Bisa Renyah

Fimela.com, Jakarta Ketika menggoreng makanan, memang paling enak jika dilapisi tepung agar teksturnya lebih renyah atau krispi. Namun ada kalanya orang bingung bagaimana cara membalut makanan yang ingin digoreng agar hasilnya bisa krispi dan kriuk.

1. Gunakan dua adonan tepung

Jika hanya menggunakan adonan basah saja hasilnya tidak akan kriuk tahan lama. Gorengan kemungkinan hanya akan renyah setelah digoreng dan saat masih hangat, tapi lembek setelahnya. Itulah mengapa penting membagi dua adonan tepung, yaitu adonan basah dan kering. Setelah dicelup ke dalam adonan basah, balur dengan tepung kering agar luarnya renyah dan krispi.

2. Campur beberapa jenis tepung

Jangan hanya menggunakan satu jenis tepung, tepung rigu saja misalnya. Karena setiap tepung memiliki karakter berbeda, seringkali bisa saling mendukung menghasilkan gornegan tertentu, misalnya mencampurkan tepung terigu dengan tepung beras untuk adonan gorengan yang keras bagian luarnya, atau mencampurkan terigu tapioka, maizena atau baking powder untuk hasil yang lebih krispi tahan lama.

3. Lapisi dengan tepung roti

Jika ingin gorengan memiliki tekstur yang kriuk dan berpasir di bagian luar namun lembut di dalam, bisa juga menggunakan tepung roti. Penggunaan tepung roti/panir atau mungkin tepung kering biasa bisa mengurangi tingkat kebasahan makanan yang akan digoreng sehingga hasilnya lebih renyah.

4. Gunakan kocokan telur

Penambahan telur juga bisa memberikan hasil gorengan yang lebih krispi karena berfungsi sebagai perekat alami pada tepung agar menempel pada makanan. Caranya, cukup kocok telur dagun celupkan makanan sebelum digulung ke dalam tepung kering. Hasil gorengan bukan hanya jadi lebih renyah dan krispi tapi juga lebih sedap.

Itu dia beberapa tips yang bisa diikuti, jika ingin membuat adonan tepung untuk gorengan yang kriuk dan renyah.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Memasak Daun Pepaya agar Tidak Pahit
Artikel Selanjutnya
5 Cara Memasak Pare Agar Tidak Pahit