Sukses

Lifestyle

4 Hal Penting yang Perlu Diketahui soal Mengunyah Makanan

Fimela.com, Jakarta Bagi yang sering makan cepat-cepat atau terburu-buru, kini saatnya untuk memperbaiki kebiasaan buruk itu. Kenapa? Sebab cara kita mengunyah makanan ternyata punya pengaruh besar pada kondisi kesehatan tubuh kita. 

Mengunyah makanan dengan baik bahkan bisa sangat menunjang kesuksesan kita untuk menurunkan berat badan. Mengutip buku Seni Diet Bahagia ala Hiromi Sinya, mengunyah dengan baik memiliki sejumlah manfaat. Serta pastinya mengunyah yang baik ada caranya tersendiri. 

1. Kunyah Makanan 30-50 Kali

Salah satu indikator mengunyah yang baik adalah makanan perlu dikunyah sebanyak 30-50 kali. Itu untuk makanan biasa. Untuk makanan keras atau yang tak dapat dicerna dengan baik, kunyahlah 70-75 kali. Ya memang perlu sebanyak itu agar penyerapan makanan bisa lebih baik.

2. Mengunyah dengan Baik Bisa Mengurangi Berat Badan

Mengunyah dengan baik bisa mengurangi berat badan karena waktu santap lebih lama. Dengan mengunyah sebanyak minimal 30 kali untuk setiap suapan makan, maka waktu santap jadi lebih panjang. Hal ini pun bisa menekan nafsu makan secara alami sebab penyerapan makanan jadi lebih baik. 

 

3. Mengunyah dengan Baik Bisa Mencegah Terjadinya Pembusukan

Jika makanan yang kita konsumsi tidak dikunyah dengan baik, sebagian besar makanan yang kita makan akan terbuang tanpa terserap. Kondisi ini pun bisa menyebabkan terjadinya pembusukan. Semakin banyak mengunyah, maka kelenjar saliva akan mengeluarkan lebih banyak air liur yang dapat tercampur baik dengan air empedu dan asam lambung.

4. Mengunyah Lebih Baik, Proses Pencernaan Lebih Efisien

Mengunyah yang baik bisa mengeluarkan sekresi aktif air liur, yaitu enzim yang berikatan baik dengan cairan lambung dan air empedu. Proses penyerapan makanan jadi lebih efisien. Proses pencernaan pun jadi lebih baik. Kita pun bisa terhindar dari makan berlebih, dan hal ini sangat baik untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Yuk, kita perbaiki lagi kebiasaan mengunyah makanan kita sehari-hari. Semoga info di atas bermanfaat, ya.

 

#ChangeMaker

;
Loading