Sukses

Lifestyle

4 Tanda Adonan Kue Sudah Kalis agar Hasilnya Tidak Bantet

Fimela.com, Jakarta Ketika menguleni adonan kue, misalnya membuat donat, roti manis danm , pasti ada banyak orang bingung menentukan kapan adonan sudah kalis. Ketika menguleni pun masih bingung apakah adonan suda kalis atau belum. Untuk mengetahui adonan sudah kalis, ini sekian tandanya.

1. Adonan sudah elastis

Adonan kue sudah kalis jika dicubit terasa elastis atau lentur. Jika adonan sudah seperti karet ketika ditarik dan tidak mudah sobek, berarti adonan sudah kalis sempurna.

2. Adonan tidak lengket di tangan

Adonan juga sudah kalis jika dipegang sudah tidak lengket di tangan. Selama menguleni, pasti adonan akan terasa lengket jika belum tercampur merata. Jika sudah tercampur rata dan menguleni selama 10 menit, adonan akan terasa tidak lengket.

3. Adonan mudah dibulatkan

Ketika sudah diuleni agak lama, adonan akan lebih mudah dibentuk, apalagi dibulatkan. Adonan yang belum kalis pasti susah dibentuk. Entah mengalami proofing atau diuleni, adonan yang mudah dibulatkan dan dibanting bentuknya tetap, tanda adonan tersebut sudah kalis.

4. Adonan kenyal dan empuk

Adonan juga sudah kalis jika terasa kenyal dan empuk saat dicubit dan dipukul. Karena teksturnya sudah seperti karet, adonan terasa tidak kaku dan lebih mudah dibentuk.

Itu dia sekian tanda adonan kue sudah kalis dan siap dioven atau digoreng.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading