Sukses

Lifestyle

Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Kesehatan Makan Zucchini

Fimela.com, Jakarta Zucchini mungkin bukan sayuran yang umum ditemukan di pasar seperti sawi, wortel atau kangkung, namun zucchini termasuk sayur yang punya banyak kandungan nutrisi sehat.

Tidak banyak yang tahu bahwa zucchini atau dalam bahasa Indonesia disebut zukini, juga memiliki banyak sekali manfaat kesehatan karena gizinya yang tinggi. Ini sekian manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dengan mengonsumsi zucchini.

1. Melancarkan pencernaan

Karena zucchini mengandung banyak serat, ia bisa membantu melancarkan pencernaan karena susah buang air besar atau diare. Seratnya akan membantu membersihkan usus dan membuang sampah di dalam sistem pencernaan.

2. Menurunkan kadar glukosa

Zucchini juga rendah gula sehingga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Karena kandungan seratnya yang tidak mudah terlarut, zukini mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh sehingga mampu mencegah diabetes mellitus dan menurunkan risiko sindrom metabolik.

3. Menjaga kesehatan jantung

Zucchini sangat rendah kalori, tinggi asam folat, kalium dan magnesium, mineral-mineral baik yang mampu menjaga kesehatan jantung. Serat dalam zucchini juga mampu membuang kolesterol jahat sehingga bisa mencegah stroke.

4. Mencegah masalah kesehatan mata

Meski tidak kaya vitamin A, namun zucchini sangat tinggi kandungan vitamin C dan beta-karoten yang dapat membantu menjaga kesehatan mata, mengatasi mata lelah dan menjaga penglihatan tetap sehat. Antioksidan lain dalam zucchini seperti lutein dan zeaxanthin mampu mengurangi masalah penglihatan terkait bertambahnya usia.

5. Menjaga berat badan

Zucchini juga sangat baik sebagai menu diet karena rendah lemak, karbohidrat dan kalori. Jika kamu ingin menjaga berat badan ideal, makan zucchini bukan hanya mengenyangkan namun juga membantu menjaga asupan kalori tubuh.

6. Menyeimbangkan hormon tiroid

Kandungan polifenol dan vitamin C pada kulit zucchini efektif dalam mengatur kadar hormon tiroid dan kelenjar adrenal serta meningkatkan fungsi kelenjar-kelenjar ini. Jadi alangkah baiknya jika makan zucchini tanpa harus mengupas kulitnya.

7. Mencegah kanker

Tingginya antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten membuat zucchini juga bisa membantu mencegah perkembangan sel-sel abnormal. Sayuran hijau ini membantu mengurangi kerusakan sel karena pengaruh radikal bebas atau proses oksidatif di dalam tubuh.

Jadi, jika kamu belanja dan ingin mencoba mengonsumsi sayuran lain yang sehat, pertimbangkan membeli zucchini.

#ChangeMaker with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading