Sukses

Lifestyle

Menonton Drama Sedih Bisa Cukup Ampuh Menjaga Kewarasan Diri

Fimela.com, Jakarta Pernahkah saat sedang bersedih, kita malah ingin menonton film atau drama yang sedih? Saat hati sedang terluka, kadang kita merasa butuh semacam "pelampiasan". Sebelum bisa tersenyum atau tertawa kembali, kita perlu menghabiskan air mata yang tertahan.

Menonton drama sedih bisa cukup efektif untuk menjaga kewarasan diri. Mengutip buku The Socrates Express, kesedihan itu sendiri tidak menyakitkan, tapi kesedihan akan sesuatu-lah yang menyakitkan. Inilah yang kerap membuat kita merasa butuh menonton drama sedih untuk memulihkan rasa sedih yang kita rasakan sendiri. "Tanpa terlalu terhanyut dalam drama, kita mengalami emosi itu sendiri, tanpa kekangan, dan dapat mengapresiasi keindahan dalam kesedihan," tulis Eric Weiner dalam The Socrates Express.

Menonton Drama Sedih Membantu Menjaga Jarak dari Kesedihan yang Kita Rasa Sendiri

Menonton drama sedih, kita menemukan sesuatu yang sejalan dengan kesedihan yang sedang kita rasa. Kita menemukan ruang dan kesempatan untuk menerima kesedihan yang kita rasa. Mengizinkan diri untuk menangis sepuasnya. Memahami dan menerima perasaan yang sedang kita rasa dengan sejujurnya. Kita bisa berdamai dengan kesedihan karena kita bisa menerimanya tanpa terlalu dalam tenggelam di dalamnya. Ada jarak yang tetap kita bisa jaga dan membuat kita bisa kembali baik-baik saja sesudahnya.

Menonton Drama Sedih Bisa Memberi Kelegaan Emosional

Saat menonton drama sedih, biasanya kita akan menangis. Menangis bisa menjadi salah satu cara untuk menghadirkan katarsis. Katarsis adalah kelegaan emosional setelah mengalami ketegangan dan pertikaian batin akibat suatu lakuan dramatis. Menangis membantu kita merasa lebih lega karena dapat mencurahkan perasaan atau kesedihan yang mungkin kita pendam. Ada kelegaan emosional yang bisa didapat setelah puas menangis. Sehingga langkah selanjutnya bisa lebih mudah untuk kembali tersenyum dan memulihkan diri.

Kadang sebelum kita bisa kembali merasa baik-baik saja, kita perlu meluapkan semua hal yang membuat kita merasa tidak baik-baik saja. Merasakan kesedihan dan menerimanya itu perlu. Dengan begitu, kita bisa lebih bijak dalam menjalani hidup. Semoga apa pun kesedihan yang sedang kamu rasakan saat ini bisa segera luruh. 

#ChangeMaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Donat Ketan tanpa Ragi ala Korea
Artikel Selanjutnya
4 Tips Cek Kecukupan Dana Darurat Saat Orang Serumah Terkena Covid-19