Sukses

Lifestyle

5 Cara Membuat Mie Goreng Jawa Gurih dan Menggugah Selera

Fimela.com, Jakarta Ada banyak cara membuat mie goreng enak di rumah, namun jika ingin memasak mie goreng yang enak, gurih dan berbumbu tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari bahan, bumbu hingga cara mengolahnya.

1. Tidak pelit bumbu

Ketika memasak mie goreng jawa di rumah, bumbu mie memang harus kaya. Pelit bumbu hanya akan membuat rasa mie goreng kurang mantap. Itulah mengapa sebaiknya memperkirakan bumbunya tidak terlalu sedikit namun juga tidak berlebihan. Ikuti resep dan sesuaikan dengan selera.

2. Bumbu rahasia

Ada banyak bumbu yang digunakan untuk membuat mie goreng, mulai dari bawang putih, bawang merah, garam dan merica bubuk. Bumbu rahasia yang sering menambah rasa gurih seperti kecap manis, kecap asin, saus tiram, kemiri, ebi goreng yang dihaluskan, kaldu bubuk, daun bawang dan bahkan minyak wijen. Semua bahan ini seringkali memberi citarasa lebih kaya dan sedap pada mie goreng.

3. Banyak tambahan daging

Agar mie goreng lebih enak, biasanya ada banyak bahan tambahan yang membuat rasanya lebih mantap, seperti telur, sosis, bakso, hingga daging ayam. Lebih banyak bahan tambahan ini, semakin enak mie goreng jawa.

4. Tumis bumbu hingga matang

Bumbu yang ditumis harus matang agar tidak terasa langu. Bumbu yang matang juga membuat rasa bumbu lebih keluar saat sudah dicampurkan dengan mie yang akan digoreng. Gunakan minyak yang cukup dan pastikan bumbu yang ditumis tidak gosong selama ditumis. 

5. Sayuran

Tidak lengkap rasanya mie goreng jawa tanpa sayuran, bahkan jika kamu tak suka sayur. Sayuran seperti sawi, kol dan wortel bukan hanya memberi tekstur pada mie goreng tapi juga menambah gizi dan warna yang lebih menggugah selera, jadi pastikan menambahkan sayuran.

Itu dia sekian cara membuat mie goreng jawa yang gurih dan bumbunya meresap enak. Yuk coba di rumah.

#ChangeMaker with FIMELA

Loading