Sukses

Lifestyle

4 Hal yang dapat Dipelajari dari Berakhirnya Pertemanan yang Beracun

Fimela.com, Jakarta Meskipun persahabatan yang beracun tidak dimulai seperti itu, pada satu titik atau lainnya, persahabatan bisa berubah buruk seiring waktu, dan ketika semuanya sudah berlalu, bahkan bisa terasa seperti putus. Dan meskipun ini memang benar, namun ada beberapa hal yang dapat dipelajari dari hubungan persahabatan yang toxic.

Dirimu Belajar untuk Tidak Mempercayai Orang dengan Cepat

Seringkali, ketika persahabatan mulai ada masalah, penyebab utamanya adalah hilangnya rasa saling percaya. Setelah melalui pengalaman yang mengecewakan, dirimu mungkin ingin berhenti memercayai orang lain sama sekali. Tetapi jangan melakukannya sejauh itu. Biarlah ini menjadi peringatan bahwa dirimu perlu memilih dengan hati-hati siapa yang dirimu percayai di lain waktu.

Jangan mulai berpikir bahwa dirimu mengalami masalah kepercayaan karena pengalaman ini. Sebaliknya, pahamilah bahwa ini hanyalah satu perjalanan yang buruk dan dirimu telah mempelajari pelajaran yang berguna untuk masa depan. Yakni tidak semua orang layak mendapatkan kepercayaanmu.

Lebih Fokus pada Diri Sendiri

Ketika keluar dari persahabatan yang toxic, dirimu menjadi mengerti bahwa dirimu baru saja memutuskan rantai kekhawatiran dan stres yang tidak pernah berakhir. Gunakan kesempatan ini dengan bijak untuk meluangkan waktu untuk kesehatan fisik dan mentalmu.

Itu bisa apa saja mulai dari mempelajari keterampilan baru, bersenang-senang melakukan hobi favorit, hingga berolahraga dan mendaki gunung. Apapun itu, sekarang saatnya untuk melatih diri sendiri.

Dirimu dapat Mengenali Sifat Beracun dari Seseorang

Setelah melalui semua rasa sakit ini, dirimu sekarang dapat dengan mudah melihat tanda bahaya yang melekat pada orang yang beracun. Ini hanya dapat menguntungkanmu karena mengetahui apa yang harus diwaspadai memungkinkan dirimu menetapkan batasan yang sehat untuk diri sendiri dan orang lain.

Jika orang baru yang dirimu temui memiliki karakteristik yang mirip dengan seseorang yang beracun yang pernah dikenal, catatlah dan tetap waspada agar dirimu dapat melindungi diri sendiri jika perlu. Ubah kenangan menyakitkan menjadi pengalaman belajar di mana dirimu mulai mengidentifikasi perilaku dan kebiasaan beracun orang lain.

Belajar untuk Membuat Batasan

Hal berikutnya yang akan dirimu pelajari setelah pulih dari persahabatan yang toxic adalah bagaimana mempertahankan posisimu sendiri dan mempertahankan batasan. Dan tentu saja, batasan dapat memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda.

Beberapa teman tidak memiliki masalah dengan menghabiskan banyak waktu bersama, dan ini juga berlaku dalam hubungan. Tetapi ada beberapa orang yang membutuhkan ruang pribadi mereka dihormati untuk dapat mengisi ulang energi mereka. Menetapkan batasan yang sehat menunjukkan bahwa dirimu benar-benar mengenal diri sendiri dan apa yang dirimu butuhkan untuk menjaga kesehatan mentalmu tetap stabil dalam suatu persahabatan atau hubungan.

Pengkhianatan hanya dapat membuatmu sakit tetapi ada beberapa hal yang dapat dirimu pelajari dari perilaku beracun tersebut.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading