Sukses

Lifestyle

Kisah Witarsih, Ibu 5 Anak yang Menerima Gerobak Usaha untuk Berjuang Demi Keluarga

Fimela.com, Jakarta Witarsih, ibu 5 anak dengan 3 di antaranya masih balita, harus berjuang untuk menghidupi keluarganya. Dengan berjualan makanan dam minuman ringan seperti sosis, nugget, mi instan, serta minuman kemasan, Witarsih berusaha untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarganya. 

Menjadi tulang punggung keluarga, Witarsih sebenarnya didampingi sang suami. Dia bekerja sebagai buruh bangunan harian. Sementara, anak-anak mereka sudah putus sekolah demi membantu membiayai keluarga kecil mereka. 

Tahun 2020, pandemi melanda Indonesia. Pertaruangan Witarsih dan keluarga untuk tetap hidup semakin berat. Setiap harinya, Witarsih mendapatkan kurang dari Rp100.000 dari hasil berdagang. Mereka bahkan tidak memiliki rumah tinggal sendiri. Berkat bantuan dari warga sekitar, keluarga Witarsih dapat tinggal di sebuah rumah kosong. 

Meski perjuangannya cukup berat, Witarsih sebagai tulang punggung keluarga tak begitu saja pasrah. Dia bertekad untuk memulai usaha kecilnya demi mencukupi kebutuhan keluarga. Namun, Witarsih membutuhkan amunisi sebagai modal menjalani usaha. 

Untungnya, ShopeePay bergandengan tangan dengan KitaBisa dan Human Initiative untuk memberikan Gerobak Usaha agar Witarsih dapat berjualan. Gerobak ini kemudian digunakan sosok perempuan tangguh ini untuk menjajakan makanan cepat saji bagi anak-anak kos yang tinggal di sekitar tempat tinggalnya.  

“Saya mengucapkan banyak terima kasih dengan adanya Gerobak Usaha dari ShopeePay dan Kitabisa.com. Besar harapan saya agar perekonomian keluarga saya menjadi lebih baik sehingga anak-anak saya bisa sekolah lagi setelah saya berkesempatan untuk berjualan menggunakan fasilitas yang sewajarnya,” tutur Witarsih. 

Program Gerobak Usaha

Gerobak Usaha ini merupakan salah satu inisiasi dari ShopeePay untuk membantu pelaku UMKM yang terdampak pandemi. Inisiatif ini juga didukung Kitabisa.com dan sempat digalakkan tahun lalu lewat sistem online fundraising dengan pembayaran digital ShopeePay. 

Human Initiative juga ikut berkontribusi terhadap kolaborasi ini, sebagai perpanjangan tangan untuk mendistribusikan Gerobak Usaha. 

“Lewat program Gerobak Usaha ini, kami bersyukur telah sedikit banyaknya meringankan beban usaha pelaku UMKM serta mendukung kelangsungan hidup bisnis mereka yang cukup terdampak selama pandemi. ShopeePay juga ingin berterima kasih kepada Kitabisa.com yang telah menjadi wadah terpercaya selama kolaborasi ini berjalan," jelas Cindy Candiawan, Marketing Manager ShopeePay. 

#elevate women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading