Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mengonsumsi Chia Seed untuk Kesehatan dan Kecantikan

Fimela.com, Jakarta Biji chia atau yang sering disebut dengan chia seed, merupakan sebuah biji-bijian yang bentuknya kecil dan berwarna hitam. Biji chia ini berasal dari tumbuhan Salvia Hispanica.

Biji chia yang sering disamakan dengan biji selasih ini, memiliki kandungan karbohidrat, protein, air, serat, asam lemak omega-3, asam lemak omega-6,  vitamin A, vitamin B, kalsium, mangan, fosfor, selenium, kalium, zinc, zat besi, magnesium dan tembaga.

Chia seed ini sangat aman untuk dikonsumsi segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia. Biji chia ini bisa direndam terlebih dahulu sebelum dimakan, atau dikonsumsi dengan mengolah biji chia menjadi camilan yang sehat.

Chia seed ini hanya boleh dikonsumsi sebanyak 48gram saja per hari. Sehingga biji chia ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Berikut manfaat mengonsumsi chia seed untuk kesehatan dan kecantikan, dilansir dari Bola.com:

Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan

Chia seed memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi, yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit kronis. Berikut manfaat chia seed untuk kesehatan:

Menurunkan Berat Badan

Chia seed memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, yang membantu mencegah terjadinya obesitas pada tubuh. Karena chia seed memiliki kandungan yang diperkaya dengan kandungan karbohidrat dan serat, yang membantu membuat perut kenyang lebih lama dan menahan nafsu makan.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat di dalam chia seed, bisa membantu melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh.  Karena serat membantu mengeluarkan sisa makanan di dalam tubuh, agar sisa makanan itu tidak menyebabkan timbunan lemak di dalam tubuh, mengatasi sembelit dan mencegah terjadinya peradangan usus.

Mengontrol Kolesterol

Chia seed aman dikonsumsi untuk orang yang menderita kolesterol. Karena biji chia ini, memiliki kandungan omega-3 yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, tetapi meningkatkan kadar kolesterol yang baik untuk tubuh.

Menjaga Kesehatan Tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan kepadatan tulang, kamu bisa rajin mengonsumsi chia seed yang kaya akan kalsium, sehingga bisa membantu mencegah penyakit osteoporosis.

Mencegah Kanker

Kandungan yang bersifat sebagai antioksidan pada chia seed, bisa membantu menguatkan sistem imunitas tubuh, serta membantu mencegah radikal bebas, yang bisa meningkatkan produksi sel kanker di dalam tubuh.

Manfaat Chia Seed untuk Kecantikan

Selain membantu menjaga kesehatan tubuh, chia seed bisa dikonsumsi setiap hari, untuk membantu menjaga kecantikan kulit dan rambut.

Chia seed ini bisa diolah menjadi masker wajah alami, dengan cara mencampurkan biji chia dengan beberapa bahan alami lainnya, seperti yogurt atau air, hingga teksturnya berubah menjadi bentuk pasta.

Manfaat chia seed untuk kecantikan adalah untuk mengatasi jerawat, mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit, mencerahkan kulit wajah, serta membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut terlihat lebih berkilau

Resep Camilan dari Chia Seed

Puding Chia Seed Nanas

Bahan yang diperlukan:

  • 5 sdm chia seed
  • 1 gelas susu low fat
  • 1 sdm madu
  • nanas, potong kecil-kecil

Cara membuat:

  1. Campur chia seed dengan susu low fat.
  2. Tambahkan madu dan aduk rata.
  3. Masukkan dalam jar dan diamkan semalaman.
  4. Keesokan harinya sajikan puding ini dengan potongan buah nanas di atasnya.
  5. Siap dinikmati.

Banana Chia Seed Muffins

Bahan yang diperlukan:

  • 3 buah pisang Ambon matang
  • 1 1/2 cup self raising flour
  • 50 gram oats
  • 250 gram tepung terigu
  • 1 btr telur
  • 60 gram gula pasir
  • 1/2 cup Air
  • 3 sdm margarin leleh
  • 70 gram chia seed

Cara membuat:

  1. Langkah pertama kocok telur dengan margarin.
  2. Setelah itu campur bahan pisang, tepung terigu, oats, chia seed, telur, air dan margarin. Aduk hingga tata.
  3. Tuang adunan ke dalam cetakan yang sudah diolesi minyak atau margarin, lalu panggang dengan suhu 180 derajat.
  4. Panggang adonan selama 30 menit, keluarkan matang keluarkan dari oven, hidangan siap dinikmati.

 

 

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Resep Pilihan Puding Roti Lembut yang Bisa Dibuat di Rumah
Artikel Selanjutnya
5 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan