Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Kamu Bisa Memberi Pengaruh Baik sebagai Kakak

Fimela.com, Jakarta Terlahir sebagai anak pertama atau anak yang lahir lebih dulu dari saudara-saudaramu? Peran kakak secara otomatis akan melekat pada dirimu. Mau tak mau kamu sekaan memiliki tanggung jawab memberikan contoh yang baik untuk adik-adikmu.

Tidak ada kata terlambat memberi contoh yang baik bahkan jika kamu sudah dewasa. Ini yang bisa kamu lakukan sebagai kakak agar bisa memberi pengaruh baik.

1. Ada untuk mereka

Sesederhana ada saat mereka membutuhkan akan memberikan pengaruh besar pada hidup adik-adikmu. Yakinkan mereka bahwa kamu selalu ada untuk membicarakan hal-hal yang ingin mereka ketahui. Sebagai kakak, kamu berada dalam posisi yang lebih tua dan dengan lebih banyak pengalaman hidup, jadi nasihatmu kemungkinan akan dipertimbangkan oleh adik-adikmu.

2. Selalu memberi semangat

Kamu bisa jadi kakak yang berkata-kata lembut atau berkata-kata kasar dan sarkas, tapi pastikan kata-katamu bertujuan mendorong mereka untuk maju dan berkembang. Kamu tak akan mau melihat adikmu gagal dalam kehidupan bukan? Jadi jangan menjatuhkan, bantu mereka menyelesaikan masalah mereka.

3. Tunjukkan bagaimana menjalani hidup

Terkadang tidak butuh kata-kata untuk membuktikan sesuatu, cukup tunjukkan bagaimana caramu menjalani hidup. Jika kamu menjalani hidup dengan benar, adikmu akan melihat dan meniru. Jika kamu berpikirkan merokok itu tak baik, ia kemungkinan besar akan berpikiran demikian.

4. Berikan tempat curhat

Seringkali ada hal-hal yang tak ingin dibicarakan anak pada orangtuanya, saat itulah seorang anak butuh saudara sebagai tempat curhat. Sebagai kakak, kamu bisa berperan sebagai tempat curhat, teman berbagi pikiran, dukungan dan penenang hatinya.

5. Jaga dan lindungi mereka

Sebagai kakak, kamu akan merasa memiliki tanggung jawab melindungi adik-adikmu. Entah ia diganggu atau mengalami kesulitan berteman dengan anak-anak sebayanya, pastikan kamu ada sebagai pemberi semangat, membuatnya percaya diri dan membuatnya berdiri melindungi haknya sebagai individu.

Karena disadari atau tidak, kakak mampu membentuk kepribadian adik-adiknya. Jadi sebisa mungkin beri pengaruh baik pada adik-adikmu ya Sahabat Fimela.

#ElevateWomen with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Studi Membuktikan, Anak Terlahir Seperti Ini Berpotensi Besar jadi Pemimpin
Artikel Selanjutnya
Orangtua Cerai atau Utuh? Penelitian Buktikan Ini yang Tentukan Kebahagiaan Anak