Sukses

Parenting

Begini Cara Memastikan Agar Kakak Tak Merasa Dinomorduakan

Fimela.com, Jakarta Menjadi orangtua memang menjadi tantangan tersendiri, tugas seumur hidup yang mungkin tak akan bisa digantikan oleh pengalaman apa pun di dunia ini. Ketika memiliki dua anak dalam satu keluarga, ada tantangan baru yang dihadapi orangtua, yaitu bagaimana caranya bersikap adil pada kedua anak.

Sebisa mungkin orangtua memastikan bahwa kakak tidak merasa dinomorduakan dari adiknya atau sebaliknya. Tapi apa yang harus dilakukan untuk menjaga hubungan saudara ini?

1. Membagi waktu yang sama

Ketika harus menyuapi si kecil, pastikan kakak berada di sampingmu, Moms. Beri perhatian yang sama, ajak bicara si kakak agar tak merasa dikesampingkan atau pastikan memasak makanan yang ia sukai. Setelah menidurkan si adik, datanglah ke kamar si kakak untuk mengucap selamat tidur.

2. Selalu ajak keduanya

Ketika bepergian, selalu aja keduanya. Pastikan ia selalu dilibatkan dalam setiap kegiatanmu. Jangan hanya fokus pada si adik, tapi gandeng juga tangan si kakak dan dengarkan keluh kesahnya.

3. Libatkan keduanya dalam setiap aktivitas

Ketika tumbuh agak besar, selalu libatkan si kakak pada kegiatan adik, atau sebaliknya. Cara ini akan melatih dan menumbuhkan rasa memiliki, keterikatan saudara dan menyayangi antar keduanya. Misalnya datang memberi dukungan ke perlombaan yang diikuti adik atau kakak.

4. Jangan membandingkan

Setiap anak memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, sudut pandang orangtua saja yang perlu diatur. Tak ada yang suka dibandingkan, mana yang lebih cerdas, lebih penurut dan lain sebagainya.

Memang hal ini perlu dilatih, namun sebisa mungkin jangan hanya fokus pada satu anak saja agar salah satunya tak merasa dinomorduakan ya, Moms.

#GrowFearless with FIMELA

Loading