Sukses

Parenting

Catat, Hanya 4 Minuman Ini yang Boleh Diminum Anak Usia Balita!

Fimela.com, Jakarta Kesehatan anak harus diperhatikan sejak kecil, apa yang ia makan dan minum setiap harinya agar tidak mengganggu kesehatan serta bisa memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Satu hal yang harus diketahui setiap orangtua yang memiliki anak balita adalah ternyata tidak semua minuman boleh ia minum.

Banyak orang mengira balita bisa makan dan minum apa saja, ternyata anggapan itu tidak benar. Anak usia balita hanya boleh minum empat macam minuman, yaitu asi, susu formula, air putih dan susu cair.

Alasannya cukup sederhana, karena minuman manis lainnya memiliki kandungan gula yang terlalu banyak sehingga tidak sehat untuk anak. Bahkan dilarang minum jus buah asli karena seratnya telah dibuang sehingga hanya menyisakan gula dan beberapa nutrisi di dalamnya.

Anak Tak Boleh Minum Minuman Manis

Sebaiknya anak tidak dibiasakan mengonsumsi minuman terlalu manis sejak kecil. Sebuah penelitian tahun 2017 dalam Journal of the Endocrine Society menyebutkan bahwa konsumsi gula tinggi dan soda akan meningkatkan risiko daiabetes, tekanan darah tinggi, dan berbagai masalah kesehatan lainnya, dan hal ini lebih rentan pada anak balita.

Jika anak dibiasakan minum minuman manis selain empat minuman yang dianjurkan tersebut, ketika tumbuh besar mereka cenderung tidak suka makan buah utuh, sayuran, yogurt dan berbagai makanan lain yang berserat dan tidak terlalu manis.

Sebaliknya, biasakan anak balita minum air putih dan susu setiap harinya dengan porsi yang tepat, Moms.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Minuman Sehat untuk Mengawali Hari agar Lebih Berenergi
Artikel Selanjutnya
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Matcha dan Green Tea