Sukses

Lifestyle

Rasa Sedih Bisa Jadi Gejala Depresi, Ini 5 Tandanya

Fimela.com, Jakarta Sedih adalah perasaan dan depresi adalah penyakit. Kesedihan umumnya bersifat sementara dan terbatas cakupannya, sedangkan depresi memengaruhi hidup, tingkat energi, dan kemampuan untuk berfungsi, serta cenderung bertahan.

Setiap orang merasa sedih dalam berbagai tingkatan. Ini adalah peningkatan dan penurunan standar emosi manusia dan ini akan terus berjalan.

Jika seseorang mengalami gejala ini hampir setiap hari selama lebih dari 2 minggu, sebaiknya ia segera mencari konseling dan pengobatan untuk depresi. Sebaliknya, kesedihan yang teratur akan muncul sebagai reaksi terhadap sesuatu yang menjengkelkan, seperti dilansir dari bustle.com. Berikut ini beberapa tanda rasa sedih yang kamu rasakan adalah gejala depresi.

1. Tidak dipicu oleh sesuatu yang eksternal

Ketika hidup membuat bingung, seperti bertengkar dengan teman atau mengalami hari yang buruk di tempat kerja, kamu mungkin merasa sedih. Namun, tidak apa-apa.

Merupakan hal yang wajar untuk mengalami kesedihan saat kamu menghadapi situasi yang menyebabkan kecewa. Di sisi lain, depresi bisa muncul dengan sendirinya, tanpa sebab eksternal.

 

 

2. Kamu tidak mampu menanganinya

Jika kamu sering sedih, kamu akan bisa melihatnya apa adanya. Berbeda dengan depresi, emosimu mungkin terasa luar biasa.

Kesedihan dapat menyebabkan perubahan mood, tapi depresi akan menyebabkan tekanan psikologis. Kesedihan hanya salah satu gejala depresi, tapi depresi akan memengaruh kesejahteraan emosionalmu.

3. Kamu kesulitan menyelesaikan pekerjaan

Jika itu kesedihan, kamu masih bisa mengurus bisnis sehari-hari. Kesedihan tidak menghalangi tugas dan kewajiban hidup. Sedangkan depresi menghalangi aktivitas normal sehari-hari dan biasanya menyebabkan perubahan dalam tidur, nafsu makan, tingkat energi, dan suasana hati.

4. Kamu menghindari teman

Saat kesedihan alami melanda, kamu mungkin masih ingin bertemu teman dan keluarga, karena kamu tahu mereka bisa menghiburmu. Tapi depresi sering menyebabkan orang mengisolasi diri mereka sendiri.

5. Perasaan tidak terikat pada hari tertentu

Peringatan akan peristiwa yang menyedihkan atau traumatis dapat membuatmu kesal, terkadang sangat intens. Kesedihan biasanya berumur pendek.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading