Sukses

Lifestyle

4 Kebiasaan Harian untuk Menjaga Keutuhan Cinta

Fimela.com, Jakarta Menjaga keutuhan cinta bisa lebih sulit daripada saat baru awal merasakan cinta. Saat sudah menikah, ada banyak hal yang perlu disesuaikan. Bahkan ada banyak hal baru dan kebiasaan yang perlu diupayakan untuk menjaga keutuhan cinta.

Ada sejumlah kebiasan yang perlu dimiliki pasangan untuk menjaga keutuhan cinta. Seperti empat kebiasaan berikut ini.

1. Kebiasaan Mengatasi Konflik dengan Komunikasi Terbuka

Cynthia Catchings, LCSW-S, seorang ahli terapi Talkspace yang tinggal di Virginia mengatakan, "Salah satu dari kesalahpahaman yang paling umum adalah pasangan dalam hubungan yang sehat tak pernah berdebat." Padahal setiap orang punya konflik. Bahkan konflik bisa menjadi batu loncatan untuk semakin dewasa dan bijak. Setiap pasangan perlu memiliki kebiasaan untuk bisa mengatasi konflik dengan komunikasi yang lebih terbuka. Tidak memendam perasaan sendiri dan tidak membuat prasangka sendiri. Penting untuk selalu terbuka dan jujur ketika ada masalah untuk dicari solusinya bersama.

2. Kebiasaan untuk Saling Respek Satu Sama Lain

Mengatakan "terima kasih", "tolong", dan "maaf" sudah seharusnya menjadi kebiasaan dalam hubungan. Tetap saling menghormati satu sama lain menjadi cara penting untuk menjaga keutuhan cinta. Saat ada perbedaan atau hal-hal yang tidak disepakati bersama, perlu bisa tetap menghargai satu sama lain. Sebab seringkali sebuah hubungan putus di tengah jalan karena sudah tidak ada lagi rasa saling menghargai.

3. Kebiasaan untuk Saling Menyesuaikan Diri

Kita tak bisa mengubah pasangan kita sesuai dengan standar kita. Ada hal-hal yang perlu kompromi dan penyesuaian agar hubungan bisa tetap terjaga dengan baik. Penting untuk bisa saling menyesuaikan diri agar bisa tetap berjalan bersama. Selain itu, bisa saling memberi ruang untuk bertumbuh dan menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

4. Kebiasaan Mendukung Impian Satu Sama Lain

Akan sangat menyenangkan pastinya jika memiliki pasangan yang selalu bisa jadi orang pertama yang mendukung kita. Bisa saling mendukung impian satu sama lain bisa membuat hubungan makin baik. Dukungan dan semangat dari pasangan bisa menjadi tanda cinta. Pasangan yang baik semestinya akan mendukung orang yang dicintainya bahagia dalam mewujudkan impiannya.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, kebiasaan-kebiasaan apa lagi yang perlu dimiliki pasangan untuk menjaga keutuhan cinta?

#ElevateWomen

;
Loading