Sukses

Lifestyle

4 Cara Menciptakan Ketenangan Hati saat Merasa Terlalu Lama Terisolasi

Fimela.com, Jakarta Bertahan di tengah situasi yang masih dilanda pandemi memang tak mudah. Ketika rutinitas lebih banyak dilakukan di rumah, kadang kita merasa seakan terisolasi. Demi kebaikan bersama memang ada baiknya kita mengurangi kegiatan di luar ruangan. Demi harapan agar pandemi segera berlalu, kita berupaya sebaik mungkin untuk menjaga diri dan menjaga orang-orang tercinta kita di rumah dengan baik.

Bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan menjalani berbagai rutinitas dari rumah kadang membuat kita seakan kehilangan kewarasan. Stres dan tertekan. Saat merasa sudah terlalu lama terisolasi, maka ada hal-hal yang perlu mulai kita lakukan.

1. Menciptakan Waktu Hening

“There are times when we stop, we sit still. We listen and breezes from a whole other world begin to whisper.” —James Carroll

Bisa dilakukan pada malam hari, dini hari, atau pagi hari. Temukan waktu hening. Luangkan waktu selama beberapa saat untuk menikmati kesunyian. Izinkan dirimu untuk mendengar detak jantungmu. Mengatur kembali napasmu. Kadang kita merasa stres dan sesak karena terlalu banyak memikirkan berbagai hal. Luangkan waktu untuk sendiri selama beberapa waktu. Izinkan dirimu menerima kembali keutuhan jiwamu.

2. Membuat Ritual atau Kebiasaan Baru

“Doing something that is productive is a great way to alleviate emotional stress. Get your mind doing something that is productive.” —Ziggy Marley

Kadang stres bisa melanda karena kita bingung harus melakukan apa dalam keseharian kita. Tidak melakukan apa-apa atau bingung harus melakukan apa bisa memicu ketidaknyamanan dalam diri. Cobalah untuk melakukan hal baru. Entah itu ritual baru, kebiasaan baru, atau kegiatan baru. Lakukan hal yang belum pernah dicoba sebelumnya. Saat pikiranmu sudah fokus melakukan hal tersebut, maka kamu tidak akan lagi punya waktu untuk memikirkan rasa tidak nyaman.

 

3. Memberi Jam Bebas untuk Diri Sendiri

“Don’t try to force anything. Let life be a deep let-go. God opens millions of flowers every day without forcing their buds.” —Osho

Jika beberapa waktu terakhir kamu sudah disibukkan oleh banyak hal atau tenggat pekerjaan, coba untuk memberi jam bebas untuk dirimu sendiri. Isi dengan hal-hal yang bisa menghibur hatimu. Seperti menonton serial terbaru atau membuat kukis dari resep yang baru kamu temukan. Bebaskan dirimu untuk melakukan hal-hal yang tak membuatmu harus banyak berpikir. Kadang dengan cara ini, hatimu akan terasa lebih ringan dan tenang kembali.

4. Menggerakkan Tubuh

“Give your stress wings and let it fly away.” —Terri Guillemets

Bagi yang makin jarang berolahraga selama menghabiskan waktu di rumah saja, ini saat yang tepat untuk mulai menggerakkan tubuh kembali. Saat hati gelisah dan tak tahu harus melakukan apa, kadang kita butuh semacam pelampiasan. Pelampiasannya bisa dengan menggerakkan tubuh lebih aktif untuk mengendorkan otot-otot yang kaku.

Kita semua berharap situasi pandemi ini akan segera berakhir, ya. Semoga kita semua selalu bisa dalam keadaan sehat juga. Jaga diri dan jaga orang-orang di sekitar kita dengan sebaik mungkin.

#ElevateWomen

Loading