Sukses

Lifestyle

Mengintip Peluang Bisnis dari Tren Camilan Khas Korea di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Budaya dari Korea Selatan belakangan memang berkembang di Indonesia. Tak hanya dari K-pop dan drakor, gaya hidup kaum urban dari Negeri Gingseng pun perlahan mulai menjadi tren, salah satunya soal makanan.

Makanan khas Korea Selatan diminati banyak orang lantaran karena rasanya yang nikmat. Hal itu terbukti dari menjamurnya restoran maupun kedai-kedai yang menyediakan makanan autentik khas dari Korea Selatan, salah satunya Jajanan Korea Oppa Im.

Jajanan Korea Oppa Im sendiri hadir dengan konsep outlet atau booth cepat saji. Sesuai namanya, usaha makanan ini menyediakan aneka cemilan khas Korea Selatan seperti toppokki atau rice cake, odeng atau fish cake dan corndog. 

Bisnis milik Sherly Yolanda ini memberikan jaminan rasa autentik khas Korea lantaran ia sendiri berasal dari keluarga asli Korea Selatan, dimana ayah Sherly adalah Warga Negara Asing (WNA) kelahiran Korea Selatan. Meski memberikan rasa autentik Korea, namun Jajanan Korea Oppa Im tetap menyesuaikan lidah masyarakat Indonesia.

"Nama Brand Oppa Im sendiri terinspirasi dari Papa yang warga asli Korea, biasa keluarga mama kalau manggil papa itu Oppa Im. Apalagi pas banget ini makanan Korea," ujar Sherly Yolanda.

Tidak Ingin Sukses Sendirian

Jajanan Korea Oppa Im sedianya baru dijalani sekitar 2 bulan oleh Sherly dan keluarga. Meski terbilang singkat, namun sudah terbilang sukses diterima masyarakat dan memiliki beberapa cabang di sekitaran Jakarta. Terhitung, sejak pertengahan November 2020 lalu, sudah ada 15 mitra yang bekerjasama dengan Jajanan Korea Oppa Im.

Tak ingin sukses sendirian, Sherly Yolanda pun membuka peluang franchise bagi mereka yang tertarik. Selain memperluas jaringan usahanya, ia juga ingin membantu meningkatkan minat wirausaha masyarakat di tengah lesunya dunia ekonomi akibat pandemi Covid-19. Salah satu caranya dengan membuka harga kemitraan yang terjangkau.

"Awalnya tuh, enggak kepikiran sama sekali buat branding usaha ini dan dijadiin franchise. Terus teman-teman pada nanya dan berniat gabung franchise. Dari situ mikir, 'kenapa nggak kita buka peluang usaha di tengah pandemi gini?', Hitung-hitung membantu masyarakat Indonesia yang mau membuka usaha dengan modal minim. Dan Puji Tuhan ternyata banyak juga yang excited dengan Jajanan Korea Oppa Im ini," lanjut Sherly.

Jajanan Korea Oppa Im sendiri sudah memiliki sertifikasi halal. Harga yang ditawarkan untuk menjadi mitra tak lebih dari Rp6,7 juta, dimana mitra akan mendapatkan semua peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan serta bahan baku awal. Bagi yang tertarik untuk memulai berbisnis camilan khas Korea, Sherly Yolanda terbuka dengan pertanyaan para calon mitranya melalui akun Instagram @jajanankoreaoppaim.

#elevate women

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading