Sukses

Health

7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan, yang Ampuh Mencegah Kolesterol Jahat

Fimela.com, Jakarta Kayu manis adalah bumbu dapur yang biasanya digunakan untuk berbagai macam masakan, seperti kue atau cookies. Bubuk kayu manis juga bisa dihidangkan sebagai minuman tradisional, yang bisa membantu menghangatkan tubuh.

Kayu manis merupakan rempah-rempah, yang berasal dari cabang pohon cinnamomum. Rempah-rempah ini sudah terkenal sejak dulu. Kayu manis bisa dijadikan untuk pengobatan herbal yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit jantung, yang disebabkan oleh kolesterol jahat.

Kayu manis tidak memiliki kandungan lemak, gula dan kolesterol. Tetapi kayu manis diperkaya dengan kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin K, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, karbohidrat, kolin, beta karoten, alfa karoten, beta cryptoxanthin, lycopene, lutein dan zeaxanthin. Berikut manfaat kayu manis untuk kesehatan, yang bisa membantu mencegah kanker:

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Manfaat kayu manis yang pertama, yaitu bisa membantu mencegah penyakit kronis, seperti kanker yang bisa merenggut nyawa. Karena kayu manis memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, yang bisa membantu melawan radikal bebas, melindungi dari kerusakan DNA, mencegah mutasi sel kanker dan menghambat pertumbuhan tumor.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan yang terdapat di dalam kayu manis, bisa membantu mengontrol tekanan darah, kadar trigliserida dan kolesterol, yang bisa menyebabkan penyakit jantung. Kayu manis ini membantu meningkatkan kadar kolesterol baik, melancarkan sistem peredaran darah yang menggumbal, serta mencegah penyempitan pembuluh darah.

3. Mencegah Diabetes

Karena kayu manis tidak memiliki kandungan lemak, gula dan kolesterol, sehingga kayu manis aman dikonsumsi penderita diabetes. Mengonsumsi kayu manis bisa membantu mengontrol kadar gula darah dan lipid, agar tidak menyebabkan penyakit diabetes. Kayu manis ini juga membantu memperlambat usus untuk mengurai karbohidrat.

4. Menurunkan Berat Badan

Kayu manis bisa membantu menurunkan berat badan, karena kayu manis ini rendah kalori dan lemak, sehingga aman dikonsumsi untuk penderita obesitas dan pejuang diet. Kayu manis dipercaya bisa membantu menghilangkan lemak di tubuh, melancarkan sistem pencernaan, membantu mengurangi respon negatif terhadap makanan berlemak dan rendah gula.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi kayu manis bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan di dalam kayu manis memiliki sifat sebagai antiinflamasi, yang bisa membantu menyembuhkan peradangan di dalam tubuh. Sifat antioksidan yang terkandung di dalam kayu manis, bisa membantu menangkal radikal bebas, menguatkan sel imun tubuh, serta membantu melawan virus yang menyebabkan penyakit.

Manfaat Kayu Manis untuk Kecantikan

6. Menyembuhkan Jerawat

Kayu manis memiliki manfaat untuk menyembuhkan jerawat, karena kayu manis memiliki kandungan yang bersifat sebagai antijamur, antioksidan dan antibakteri. Kandungan tersebut bisa mempercepat penyembuhan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, menyembuhkan peradangan jerawat dan mencegah munculnya jerawat baru.

7. Menghilangkan Komedo

Komedo yang muncul di wajah, disebabkan karena pori-pori yang tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, debu dan kotoran yang menumpuk. Kayu manis memiliki manfaat untuk menghilangkan komedo. Kayu manis ini bisa dijadikan sebagai masker wajah, yang berfungsi untuk megeksfoliasi wajah dan membantu meregenerasi sel kulit.

Resep Minuman Kayu Manis dan Cara Membuat Masker Wajah

Resep Minuman Kayu Manis

Bahan yang diperlukan:

  • 10 gram kayu manis
  • 3 butir cengkih
  • 5 gram biji pala
  • 5 gram merica
  • 10 gram jahe

Cara membuat minuman kayu manis:

  1. Haluskan semua bahan dengan cara ditumbuk.
  2. Kemudian rebus semua bahan dengan air panas, sampai matang dan bau harum.
  3. Kemudian saring untuk memisahkan ampas rempah-rempah dan air. Lalu sajikan selagi hangat.

Cara Membuat Masker Wajah

Bahan yang diperlukan:

  • 2sdt Bubuk kayu manis
  • 2 sdm Madu asli

Cara menggunakan masker:

  1. Campur 2 sendok teh kayu manis bubuk dan 2 sendok makan madu, aduk rata hingga membentuk pasta atau krim.
  2. Aplikasikan masker ke kulit wajah menggunakan tangan yang sudah bersih atau menggunakan kuas ke seluruh wajah.
  3. Diamkan masker selama 30 menit lebih. Lalu bilas dengan air mengalir sampai wajah bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading