Sukses

Lifestyle

Menurut Psikolog, Ini 4 Cara Menghadapi Pasangan yang Selalu Menyalahkanmu

Fimela.com, Jakarta Komunikasi yang baik menjadi kunci penting keberhasilan sebuah hubungan. Tapi apa jadinya bila pasangan malah sering merasa paling benar dan terus menyalahkanmu? Pastinya ada hal-hal yang perlu segera dibenahi.

Menghadapi pasangan yang selalu menyalahkanmu memang tidak mudah. Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghadapinya. Simak juga pemaparan dari psikolog yang penting untuk diketahui bersama.

1. Berani Bicara Langsung

Melansir laman bustle.com, psikolog Kelsey M. Latimer, Ph.D., CEDS-S mengungkapkan bahwa sikap menyalahkan adalah gaya komunikasi yang sangat tidak sehat. Hal ini bisa memicu pertengkaran dan menghadirkan masalah di masa lalu ke perdebatan yang sedang terjadi saat ini. Penting sekali untuk berani bicara langsung terhadap pasangan yang suka menyalahkan. Sebab menurut Latimer, pola dari sikap menyalahkan ini bisa membuat hubungan yang tidak sehat dan kemungkinan besar akan diwarnai kekerasan, hubungan yang seperti ini tidak bisa ditoleransi. Jadi, kalau memang tidak nyaman dengan sikap pasangan yang negatif, ada baiknya untuk berani bicara langsung.

2. Minta Pasangan untuk Menjelaskan Akar Masalahnya

Psikolog Nicole Martinez yang juga penulis delapan buku, termasuk The Reality of Relationship memaparkan pentingnya mencari akar masalahnya dengan tenang dan rasional. Jika pasanganmu selalu berpikir kamu selalu salah, pasti ada sebuah masalah. Kalau pasanganmu berulang kali menyalahkanmu, selalu minta ia menjelaskan akar masalahnya. Yang ditekankan di sini adalah komunikasi yang terbuka dan bisa saling memahami satu sama lain.

 

3. Hadapi dengan Kepala Jernih

Saat pasanganmu menyalahkanmu, jangan buru-buru merasa rendah diri. Dawn Maslar seorang pakar strategi hubungan mengungkapkan dalam situasi ketika disalahkan oleh pasangan, "Aku berusaha untuk berhenti sejenak dan menyadari bahwa bukan aku yang sepatutnya disalahkan." Hadapi dengan kepala jernih. Jika memang kita tak melakukan kesalahan apa-apa, maka luruskan permasalahannya.

4. Buat Batasan

Apabila pola sikapnya yang selalu menyalahkanmu selalu berulang dan terjadi tanpa alasan yang jelas, maka penting untuk membuat batasan. Bahkan jika perlu, tinggalkan hubungan itu. Terkadang meninggalkan pasangan yang selalu menyalahkanmu menjadi pilihan terbaik untuk dirimu. Bagaimana pun, kamu layak untuk bahagia dan dihargai dalam sebuah hubungan.

Penting pula untuk memercayai instingmu. Bila kamu merasa sikap pasanganmu sudah berlebihan, maka penting untuk menjaga jarak. Jangan sampai kebahagiaanmu direnggut oleh orang yang ternyata tak pernah menghargaimu.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading