Sukses

Lifestyle

4 Strategi Bekerja dari Rumah yang Lebih Nyaman untuk Perempuan

Fimela.com, Jakarta Bekerja dari rumah ada tantangannya sendiri. Meski memang bisa menghemat waktu karena tak harus menempuh perjalanan jauh untuk bekerja, tetap saja bekerja dari rumah kadang bisa sangat melelahkan. Rutinitas yang berkutat hanya di rumah saja kadang bisa membuat kita merasa jenuh.

Agar bekerja dari rumah bisa lebih nyaman, ada sejumlah strategi yang bisa dicoba. Beberapa tips berikut ini bisa dicoba. Semoga bermanfaat, ya.

1. Membuat Tempat Kerja yang Khusus

Idealnya memang perlu ruangan khusus untuk bekerja di rumah. Tapi bila tak memungkinkan, maka bisa cukup sediakan tempat yang memang dikhususkan untuk bekerja saja. Sebuah meja dan kursi di pojok ruangan sudah bisa mencukupi kebutuhan untuk bekerja dengan lebih nyaman. Tujuan adanya tempat kerja khusus ini untuk membantu kita bisa lebih fokus bekerja setiap waktunya.

2. Membuat Jadwal Harian Rutin

Kadang yang membuat bekerja dari rumah terasa sulit adalah karena berbagai macam hal dikerjakan bersama. Urusan rumah tangga dan pekerjaan campur aduk jadi satu. Penting untuk membuat jadwal harian rutin agar kita bisa lebih mudah membagi prioritas yang ada. Kadang yang membuat kita kewalahan bekerja dari rumah adalah karena merasa ada banyak hal yang harus diselesaikan dalam waktu bersamaan.

3. Luangkan Waktu untuk Menikmati Hiburan

Selama bekerja dari rumah, kadang kita kesulitan membedakan hari kerja dan hari libur. Padahal penting untuk memastikan kita beristirahat di setiap hari libur. Untuk itu jika memang waktunya libur, benar-benar gunakan untuk beristirahat dan menjauh dari semua hal  yang berkaitan dengan pekerjaan. Bisa luangkan waktu khusus untuk menikmati hiburan, seperti menonton film atau serial dari rumah. Memasak atau menekuni hobi pun bisa jadi sumber hiburan tersendiri.

4. Imbangi Kesibukan Kerja dengan Istirahat

Selain tidur cukup, juga bisa meluangkan waktu untuk meditasi agar mendapat istirahat yang lebih optimal. Sebuah artikel dalam Journal of Clinical Medicine, 2018, melaporkan bahwa gerakan meditasi tradisional, seperti tai chi, yoga, dan qigong, efektif untuk menangani berbagai masalah seperti rasa cemas, masalah tidur, dan depresi. Gerakan meditasi bisa dipilih untuk meredakan stres dan menenangkan diri. Bila bekerja dari rumah sudah mulai membuat kita stres atau gelisah, maka segera luangkan waktu untuk bermeditasi atau melakukan olahraga yang bisa merilekskan tubuh dan pikiran.

Semoga info di atas bermanfaat, ya. Tetap jaga semangat bekerja dan pastinya jaga kondisi kesehatan.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading