Sukses

Lifestyle

3 Tips Menjalani Hubungan Jarak Jauh dengan Pasangan

Fimela.com, Jakarta Tidak ada yang mudah dalam sebuah hubungan jarak jauh atau biasa disebut dengan Long Distance Relationship (LDR). Butuh kesiapan mental dalam menghadapi setiap permasalahan yang muncul, apabila tidak siap dengan terpaan masalah yang ada. Maka hanya ada satu kemungkinan, hubungan yang berakhir.

Hubungan jarak jauh ini sangat menantang bagi setiap pasangan. Tidak semua berhasil melaluinya dengan baik. Drama, konflik dan pertengkaran adalah beberapa hal yang banyak mewarnai perjalanan kisah LDR setiap pasangan. Akan tetapi saat sudah siap berkomitmen dengan seseorang, walaupun terhalang jarak yang sangat jauh dan penuh rintangan, semuanya pasti akan dapat dilalui.

Di bawah ini adalah beberapa tips bagi Sahabat Fimela yang menjalani LDR agar terhindar dari konflik dengan pasangan.

Memupuk Rasa Saling Percaya

Walaupun terdengar klise, namun sebuah hubungan yang baik selalu dilandasi degan rasa percaya. Apalagi dalam konteks sebuah hubungan LDR, tidak ada yang kita punya dalam menjalaninya selain kepercayaan pada pasangan. Saat dirimu menjalani hubungan LDR dengan seseorang. Satu prinsip yang harus dimiliki, bahwa semua orang memiliki kebebasan masing-masing, sekali pun orang tersebut adalah pasangan kita sendiri.

Dengan kita menghormati kebebasan masing-masing. Maka pasangan kita akan merasa diberi kepercayaan sepenuhnya. Kita tidak hanya akan mendapatkan cinta yang tulus dari pasangan, tetapi juga rasa hormat. Sebaliknya juga, pasangan kita pun akan melakukan hal yang sama, yakni mempercayai kita sepenuhnya.

Membuat Evaluasi

Hal ini mungkin terdengar sedikit aneh, tetapi evaluasi adalah salah satu cara agar hubungan LDR tetap langgeng dan harmonis. Lakukanlah evaluasi bersama pasangan pada waktu-waktu tertentu, misalnya dalam sekali seminggu atau sekali sebulan. Dalam evaluasi tersebut, buatlah list pertanyaan kepada pasangan, seperti apa yang membuatmu menyukai pasangan dan sebaliknya. Jika diperlukan buatlah daftar apa kelebihan dan kekurangan pasanganmu.

Tujuan evaluasi ini bukanlah untuk menghakimi pasangan, akan tetapi agar pasangan tetap terbuka satu dengan yang lainnya. Dan tentunya agar tercipta kualitas hubungan yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

Berusahalah Tetap Terhubung

Saat pasangan menjalani LDR, maka satu-satunya cara untuk tetap terhubung ialah melalui telepon atau pesan singkat. Tetap terhubung ini sangat perlu sebagai pengikat sebuah hubungan. Jangan sampai, salah satu dari pasangan merasa terabaikan karena merasa dirinya tidak diperhatikan. Sebisa mungkin hubungilah pasangan setiap harinya.

Walaupun tidak bisa menelepon cukup dengan mengabari melalui pesan singkat. Atau tentukan waktu yang tepat, semisal sebelum tidur untuk saling menelepon atau hanya sekadar mengucapkan selamat tidur pada pasanganmu. Hal -hal kecil seperti menjaga komunikasi ini bisa memiliki arti yang besar dalam sebuah hubungan LDR. Karenanya jangan pernah diabaikan.

Itulah beberapa tips dalam sebuah hubungan LDR agar tetap langgeng dengan pasangan. Walau memang tidak mudah, tetapi dengan kebesaran hati, sikap terbuka dan tetap menjalin komunikasi semuanya pasti bisa dilalui.

#ElevateWomen

;
Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Bahwa Dirimu Mengalami Pelecehan Verbal dalam Hubungan
Artikel Selanjutnya
Resep Lapis Kukus Chocopandan khas Surabaya