Sukses

Lifestyle

4 Tips Cerdik Mengatur Keuangan bagi Mahasiswa

Fimela.com, Jakarta Tak sedikit mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangannya. Apalagi jika hanya mengandalkan pemasukan dari uang bulanan yang diberikan orangtua. Dan itu harus cukup untuk hidup selama satu bulan penuh.

Duh! Bikin pusing. Nah, daripada pusing, berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan mahasiswa untuk mengatur keuangannya. Apa saja itu? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Tentukanlah Skala Prioritas

Pertama, pastikan untuk membuat catatan tentang apa saja yang dibutuhkan atau apa yang akan dibayarkan. Misalnya, membayar uang kost, untuk biaya makan, membeli buku, kuota internet dan sebagainya. Lakukanlah pencatatan sedetail mungkin, jika bisa hingga kebutuhan yang paling kecil. Kemudian, sesuaikanlah jumlah biaya dalam catatan yang akan dibayarkan dengan jumlah uang yang ada.

Setelah mengetahui perkiraan biayanya, mulailah untuk membayar apa yang menjadi prioritasmu. Semisal, antara membeli makan atau kuota internet. Maka utamakanlah untuk membayar biaya makan terlebih dahulu. Barulah jika ada uang sisa, dirimu bisa membeli kebutuhan lainnya.

Buatlah Catatan Pengeluaran

Mencatat keuangan adalah hal yag perlu dilakukan. Buatlah buku catatan khusus yang berisi tentang pengeluaranmu dan lakukan pencatatan setiap harinya, tanpa terkecuali. Jika sedang berada di luar atau malas mencatat, gunakanlah ponsel atau kumpulkanlah struk belanjamu lalu salinlah ke dalam buku catatatan pengeluaran.

Jika rutin melakukan pengecekan terhadap pengeluaranmu, maka akan ketahuan ke mana saja uang yang kamu gunakanan, apakah untuk kebutuhan pokok atau kebutuhan yang sebenarnya tidak perlu. Kemudian lakukanlah evaluasi setiap minggunya dengan catatatan tersebut, agar pengeluaranmu lebih tertata.

Mencari Pekerjaan Sampingan

Dengan bekerja sampingan tentu dirimu akan mendapatkan tambahan uang selain dari uang bulanan yang dijatahkan oleh orangtua. Saat ini sudah banyak sekali jenis pekerjaan sampingan yang dapat dikerjakan mahasiswa. Seperti penulis konten, penjaga kasir atau berjualan online. Agar tidak mengganggu kuliah, dirimu bisa mengambil pekerjaan paruh waktu. Nantinya, gaji dari pekerjaan sampinganmu ini bisa digunakan sebagai biaya tambahan agar tidak menganggu anggaran pokokmu selama sebulan.

Mulailah Menabung

Menabung bagi mahasiswa merupakan hal yang sulit apalagi dengan uang bulanan yang pas-pasan. Tetapi, tidak ada yang tidan mungkin. Jika mampu berhemat selama sebulan atau mampu menekan pengeluaranmu dan mulai menentukan mana hal yang prioritas dan bukan. Cobalah untuk rutin menabung setiap harinya dengan menyisihkan uang. Misalnya dalam sehari menabunglah sebesar Rp2.000,00, jika rutin maka tabunganmu dalam sebulan bisa mencapai Rp60.000,00. Tabungan ini nantinya bisa kamu gunakan sebagai dana darurat jika ada kebutuhan mendadak, sehingga tidak perlu mencari pinjaman saat sudah tidak ada uang.

Bagaimana Sahabat Fimela? Mudah bukan? Menjadi mahasiswa bukan alasan untuk tidak bisa menabung. Semoga informasi ini bermanfaat.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading