Sukses

Lifestyle

Terasa Asin, Ini 5 Manfaat Sehat Berkumur dengan Air Garam

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan gigi dan mulut bukan hanya bisa dilakukan dengan cara datang ke dokter dan menggosok gigi tapi juga bisa dilakukan cara sederhana seperti berkumur air garam. Mungkin terdengar aneh namun ternyata air garam menyimpan manfaat kesehatan yang tersembunyi.

Seperti dari berbagai sumber, ini sekian manfaat berkumur dengan air garam.

1. Membunuh bakteri di rongga mulut

Dikutip dari Science Tribune, air garam sudah sejak lama dijadikan obat kumur terutama untuk mencegah infeksi karena bakteri di dalam rongga mulut. Berkumur air garam mampu membilas rongga mulut dari bakteri penyebab masalah gusi dan gigi.

2. Mengatasi sakit tenggorokan

Jika gusi bengkak karena rongga mulut yang kotor, maka berkumur air garam membantu membersihkan rongga mulut dan membunuh bakteri. Bukan hanya itu, sifat antiinfamasi dari air garam juga mampu meredakan nyeri tenggorokan karena batuk.

3. Membunuh bakteri penyebab gigi berlubang

Bakteri penyebab gigi berlubang juga akan dibilas bersih jika kamu berkumur air garam, membantu mengurangi risiko gigi berlubang. Air garam juga mampu meningkatkan pH dalam mulut sementara, menyebabkan kondisi alkalin di dalam rongga mulut yang secara alami membunuh bakteri.

4. Memutihkan gigi

Bahkan rajin menggosok gigi dan berkumur air garam mampu mencerahkan warna gigi. Gigi bisa jadi lebih bersih dan cemerlang karena air garam membantu mengurangi asam di dalam mulut sehingga mampu mengurangi risiko menguningnya gigi karena pengaruh makanan dan lain sebagainya.

5. Mengatasi gusi bengkak

Masalah bengkak di gusi karena gigi sensitif atau masalah bakteri juga bisa berkurang dengan berkumur air garam. Meski mungkin sebagian orang akan merasakan sedikit pedih namun berkumur air garam cukup membantu mengurangi bengkak di area gusi.

Jadi jika kebetulan kehabisan obat kumur atau ingin menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut dengan cara sederhana, berkumur air garam bisa jadi alternatif yang sangat baik untuk dilakukan.

#ElevateWoman with Fimela

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading