Sukses

Parenting

3 Masalah Kesehatan Gigi Ini Sering Terjadi selama Hamil

Fimela.com, Jakarta Tidak banyak perempuan yang tahu bahwa akan ada banyak sekali hal yang terjadi pada tubuh saat hamil, salah satunya adalah mengalami perubahan kesehatan gigi. Perubahan pada tubuh saat hamil ternyata dapat menyebabkan sakit gigi selama masa kehamilan.

Saat sedang hamil, hormon akan mengalami fluktuasi dan kamu mungkin akan merasakan efeknya di dalam mulut. Seperti dikatakan ortodontis Kami Hoss dalam Wellandgood bahwa kadar progesteron yang tinggi membuat perempuan hamil lebih rentan mengalami pertumbuhan bakteri dan pembentukan plak, sementara peningkatan hormon estrogen menyebabkan naiknya aliran darah ke gusi sehingga membuat gusi lebih sensitif dan rentan bengkak.

Untuk lebih jelasnya, ini tiga masalah gigi dan mulut yang kemungkinan terjadi padamu saat hamil, Sahabat Fimela.

1. Gusi berdarah

Jika kamu hamil di usia kandungan minggu ke-14 hingga ke-30, ada kemungkinan terjadinya gusi berdarah saat menyikat gigi karena kadar hormon estrogen, estradiol, dan progesteron dapat menyebabkan radang gusi. Plak pada gigi yang tidak dibersihkan sebelum hamil juga akan meningkatkan sensitivits rongga mulut dalam mengembangkan bakteri sehingga bisa menyebabkan perdarahan dan menginfeksi gusi.

2. Infeksi gusi

Periodontitis atau infkesi gusi juga bisa terjadi selama hamil, lagi-lagi karena hormon. Jika tidak ditangani dengan tepat, infeksi gusi ini bisa merusak jaringan dan bahkan memicu perubahan struktur letak gigi karena berpengaruh pada tulang di area mulut atau rahang. Jadi sebisa mungkin jangan mengabaikan infeksi gusi selama hamil ya.

3. Gigi berlubang

Susah tidur karena perut membesar bukan tantangan satu-satunya. Ada kalanya perempuan hamil juga harus menerima fakta giginya tiba-tiba berlubang saat hamil karena hormon saat hamil mampu meningkatkan nafsu makan, terutama terhadap makanan manis. Jika tidak rajin menyikat gigi dan menjaga kebersihan gigi, gula akan sangat mudah mengikis enamel gigi dan menyebabkan pembusukan di gigi.

Itu dia tiga masalah gigi dan mulut yang kemungkinan terjadi ketika kamu hamil, ladies. Jika mengalaminya, segera konsultasikan dengan dokter untuk mengatasinya.

#ElevateWoman with Fimela

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Mengatasi Ketakutan pada Anak
Artikel Selanjutnya
Cara Menyusui Bayi Baru Lahir di Minggu Pertama