Sukses

Lifestyle

Kenali Perbedaan Antara Mencintai Diri Sendiri dengan Narsisme

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri adalah hal yang baik. Ini dapat membantumu menghargai diri sendiri dan menjadi sahabat untuk dirimu sendiri. Saat mencintai diri sendiri, dirimu tidak membutuhkan orang lain untuk mencintaimu. Meskipun sama sekali tidak ada yang salah dengan mencintai diri sendiri, terkadang orang mengacaukannya dengan narsisme.

Narsisme secara umum diterjemahkan sebagai obsesi diri. Itu membuat yang membuatmu menjadi egois danmenyia-nyiakan diri sendiri, tentunya ini sangat berbeda dari cinta diri. Yuk, cari tahu perbedaan cinta diri dengan narsisme seperti berikut ini.

Mencintai Diri Sendiri

1. Memprioritaskan Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri adalah memprioritaskan dan menjaga diri sendiri. Itu berarti menjunjung tinggi kebahagiaanmu. Itu membuatmu menjadi orang yang positif dan membangun kepercayaan dirimu.

2. Menghagai Pencapaian

Ketika dirimu memiliki kepecayaan diri yang tinggi, mudah bagimu untuk memperlakukan orang lain sebagaimana kamu mencintai dirimu sendiri. Dirimu tidak meremehkan siapa pun dan tahu bagaimana menghargai pencapaian mereka dan merayakan kesuksesan mereka.

3. Lebih Empati

Saat mencintai diri sendiri dan merasa nyaman serta aman, dirimu langsung menjadi rendah hati dan berempati sebagai individu. Dirimu tidak ragu untuk mendorong orang lain dan melihat mereka berhasil.

Narsisme

1. Minta Berlebihan pada Diri Sendiri

Narsisme memiliki rasa penting yang meningkat. Ini melibatkan memiliki minat yang berlebihan pada diri sendiri.

2. Selalu Merasa Iri

Narsisme membuatmu mudah cemburu dan tidak aman sebagai pribadi. Dirimu tidak merasa bahagia ketika orang lain berhasil dan entah bagaimana selalu berusaha menemukan cara untuk menjatuhkan mereka.

3. Memiliki Kebutuhan Tak Terpuaskan

Dirimu juga memiliki kebutuhan yang tak terpuaskan untuk menjadi lebih baik dari yang lain, bahkan jika itu melibatkan manipulasi. Dirimu mendambakan penghargaan dan pujian. Bahkan dirimu merasa tidak lengkap dan tidak berharga tanpa orang lain dan selalu mencari validasi.

4. Ingin Menjadi Pusat Perhatian

Dirimu harus selalu mengontrol segala sesuatunya. Bahkan mungkin dirimu memiliki keinginan untuk selalu menjadi pusat perhatian semua orang dan bersedia melakukan apa pun untuk itu.

Nah, berikut tadi adalah beberapa perbedaan antara cinta diri dan narsisme yang tentunya merugikanmu. Perilaku narsisme bahkan dapat memengaruhi orang lain ketika dirimu berusaha untuk memanipulasi mereka.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading