Sukses

Lifestyle

Jangan dikucek, kenali 5 Penyebab Mata Kering, Gatal dan Berair

Fimela.com, Jakarta Jika sahabat Fimela berpikir mengapa kerap muncul permasalahan mata kering dan gatal sudah saatnya kita memahami penyebabnya. Pada hal yang paling dasar, mengalami mata kering dan gatal berarti perlunya tindakan perlindungan pada mata. Tak hanya itu, masalah ini juga menjadi tanda adanya masalah pada mata.

“Permukaan mata, seperti kulit kita, selalu bersentuhan dengan lingkungan kita,” kata Aditya Kanesa-thasan, MD, seorang ahli bedah kornea di Rumah Sakit Mata Wills. Baik permukaan bola mata dan air mata berfungsi melindungi mata dari berbagai potensi masalah. Cara terbaiknya adalah dengan tidak mengucek mata.

Mengetahui apa yang terjadi dapat membantumu menghentikannya dan semoga mencegah mata kering dan gatal terjadi di masa mendatang. Dilansir dari womenhealthmag.com, berikut adalah beberapa alasan paling umum untuk mata kering dan gatal. Kita juga akan mengulas apa saja yang dapat dilakukan.

Tanda Alergi

Ada beberapa alasan mengapa alergi musiman bisa menyebabkan mata kering dan gatal. Salah satunya adalah alergen seperti serbuk sari dapat langsung masuk ke matamu, membuatnya tidak nyaman, kata Vivian Shibayama, OD, ahli optometri di UCLA Health. Dan, jika kamu berjuang dengan masalah alergi seperti bersin dan pilek, kemungkinan besar juga berurusan dengan mata berair, kering dan gatal.

“Mata dan sinus hidung manusia semuanya terhubung,” Shibayama menunjukkan.

Selain itu, mata secara alami terlibat saat mengalami reaksi alergi. “Reaksi ini melibatkan pelepasan zat yang dapat menyebabkan pembengkakan, gatal, robek atau kemerahan pada jaringan ini,” tambah Muriel Schornack, OD, ahli optometri di Mayo Clinic di Rochester, Minnesota.

 

Kebersihan Lensa Kontak

Lensa kontak yang tidak dibersihkan setelah pemakaian yang berulang akan menyebabkan iritasi pada mata. Solusinya adalah dengan mengistirahatkan mata dari penggunaan lensa kontak dan pastikan lensa dibersihkan saat sudah dicopot. Jika tambah parah jangan sungkan untuk pergi ke dokter mata.

Mata Kering

Mata kering terjadi saat kuantitas air mata berkurang di mata. Hal ini bisa terjadi karena udara atau hal lainnya. Ini bisa terjadi jika ada yang salah dengan salah satu elemen dalam film air mata, menurut National Eye Institute (NEI). Dalam keadaan normal, mata biasanya cukup melumasi diri sendiri.

Tapi, saat mengalami mata kering, bisa menyebabkan gejala seperti kemerahan, terbakar, dan, gatal. Dengan mata kering, saraf di kornea (lapisan luar bening di depan mata) menjadi "hipersensitif" terhadap hal-hal normal tempat mereka berinteraksi.

 

Mata kemerahan

Mata merah muda, alias konjungtivitis, adalah istilah umum untuk apa pun yang menyebabkan radang konjungtiva, selaput tipis yang melapisi bagian dalam kelopak mata. Konjungtivitis mungkin timbul dari alergi, infeksi, atau kondisi peradangan mata lainnya. Hal itu dapat menyebabkan gejala yang intens seperti mata bengkak, mata berair, kemerahan, dan gatal.

Ketidakcocokan produk skincare

Meskipun kamu tidak mengaplikasikan produk kecantikan langsung ke bola mata, sedikit maskara, eyeshadow, dan produk lainnya dapat meresap ke mata dan area sekitarnya, menyebabkan iritasi. Banyak produk kecantikan mengandung berbagai zat, termasuk pewarna, parfum, dan pengawet yang dapat membuat seseorang mengalami alergi atau hipersensitivitas. Ini dapat menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada mata atau kulit di sekitar mata, dan biasanya juga gatal.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

PLAYLIST VIDEO 22 JUNI 2021
Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal 7 Masalah Mata yang Disebabkan oleh Pandemi
Artikel Selanjutnya
Ceroboh, Perempuan Ini Nyaris Buta setelah Meneteskan Lem Kuku ke Matanya