Sukses

Lifestyle

5 Kalimat Ajaib dari Orangtua yang Mampu Mengubah Perilaku Anak

Fimela.com, Jakarta Banyak sekali orangtua yang mengeluhkan ketika mereka mengatakan sesuatu kepada anak, banyak yang hanya masuk ke telinga kanan dan keluar dari telinga kiri. Jika ingin memastikan bahwa kata-kata orangtua berarti untuk anak, sebaiknya jangan hanya kata-kata saja tetapi juga dengan contoh yang nyata.

Berikut ini adalah beberapa kata-kata yang perlu didengarkan anak dari orangtua yang dapat berdampak besar bagi mereka. Yuk, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Saya Bangga Padamu

Beri tahu anak-anak bahwa orangtua bangga pada mereka, tidak hanya untuk hal-hal yang mereka capai, tetapi yang lebih penting untuk diri mereka sebagai indiovidu. Semua anak sangat merindukan persetujuan orang tua mereka, bahkan remaja yang berpura-pura tidak peduli.

Memberi tahu mereka bahwa orangtua bangga pada mereka apa adanya akan membuat mereka merasa aman dan mencegah mereka mengejar pencapaian demi mendapatkan persetujuan orangtua.

Jangan Menyerah

Salah satu hal terpenting yang dapat diajarkan orangtua kepada anaknya adalah ketekunan. Anak berusia di antara 4 tahun akan terus-menerus mempelajari hal-hal baru, tetapi dia juga sering kali mengalami kesulitan.

Dan ketika orangtua mampu memacu semangat mereka, itu adalah mentalitas yang akan membangun keterampilan anak. Karena sebaliknya, jika orangtua merasa bahwa anak tidak mampu melakukan sesuatu dan menyuruhnya menyerah, maka anak-anak akan merasa ia tidak mendapatkan kepercayaan dari orangtua.

Jadilah Dirimu Sendiri

Anak-anak terlalu sering terjebak dalam upaya menyesuaikan diri dengan kerumunan, dan mereka membutuhkan sedikit dorongan dari orang tua mereka untuk keluar dari kerumunan dan menjadi diri mereka sendiri, yakni dengan kepribadian, hobi, dan minat mereka yang unik.

Pergilah Bermain di Luar

 

Anak-anak membutuhkan waktu di luar untuk bermain, menjadi kotor, berlarian, dan menjadi kreatif. Jangan takut untuk mematikan TV, ponsel atau komputer, dan menyuruh anak bermain di luar (dengan asumsi cuaca mendukung). Jika anak-anak memberi tahu orangtua bahwa mereka bosan, ada solusi untuk itu, "bermainlah di luar!"

Bersikaplah Baik pada Orang Lain

Tentu saja, kebanyakan orang tua mengajari anak mereka untuk bersikap baik kepada orang lain, tetapi apa yang dikatakan sebagai orangtua tidak selalu sesuai dengan apa yang sebenarnya dilakukan.

Ketika orangtua tidak baik kepada pasangan, tetangga, atau orang lain, maka anak-anak akan melihatnya, dan mereka belajar dari tindakan orantua bahwa mereka sebenarnya tidak harus baik kepada semua orang. Jadi, perlu mengajari anak-anak dengan tindakan dan kata-kata untuk bersikap baik kepada semua orang.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa kalimat ajaib yang harus didengarkan kepada anak yang mampu berdampak besar dalam hidupnya. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Loading