Sukses

Lifestyle

Pentingnya Berwudu sebelum Tidur, Sudah Tahu?

Fimela.com, Jakarta Sebelum tidur, penting untuk lebih dulu berdoa. Selain itu, berwudu sebelum tidur juga sangat dianjurkan. Bahkan mengambil air wudu sebelum tidur bisa menjadi sebuah amalan menuju husnul khatimah.

Kenapa perlu berwudu sebelum tidur? Mengutip buku Amalan Ringan Paling Menakjubkan, jika kita tidur dalam keadaan berwudu, maka ruh kita akan mampu bersujud di hadapan Allah, tapi tidak ada di antara kita yang punya jaminan bahwa ruhnya akan dikembalikan lagi oleh Allah. Kita tak pernah tahu apakah malam ini akan menjadi malam terakhir hidup kita. Bisa jadi saat kita tidur, ruh kita diambil dan tidak kembali lagi.

Amalan Menuju Husnuh Khatimah

Setiap malam, nyawa kita diambil oleh Allah dan kita tak punya jaminan apakah pada pagi hari keesokannya nyawa kita akan dikembalikan lagi oleh Allah atau tidak. Dengan berwudu lebih dulu sebelum tidur, maka seandainya itu adalah malam terakhir kita hidup, maka qalbu kita insyaallah sudah bersih. 

Sangat dianjurkan kepada umat Islam untuk tidur dalam keadaan bersih lahir dan batin. Syekh Ali Jaber menganjurkan untuk ambil air wudu sebelum tidur. Setelah itu, angkat tangan dan memohon ampunan kepada Allah SWT, dan memaafkan semua orang yang pernah berbuat salah kepada kita. Memaafkan orang sebelum tidur, menghalalkan dan mengikhlaskan dunia akhirat, batin kita menjadi bersih. Berwudu pun membuat lahir kita menjadi bersih. Sehingga apabila kita meninggal dunia pada malam itu, insyaallah kita meninggal dalam keadaan husnul khatimah. 

Selain itu, menjaga wudu adalah salah satu tanda sempurnanya iman seseorang. Rasulullah SAW bersabda, "Dari Tsauban, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, 'Beristiqamahlah kalian, dan sekali-kali kalian tidak akan dapat menghitung (pahala)nya. Dan ketahuilah, sesungguhanya amalan kalian yang paling utama adalah shalat, dan tidak ada yang menjaga wudu kecuali orang Mukmin.'" (HR. Ibnu Majah)

Walaupun bukan waktu salat dan tidak sedang membaca Al-Quran, sangat baik apabila kita senantiasa menjaga wudu selama 24 jam. Cukuplah bagi seorang yang menjaga wudunya sebagai tanda sempurna imannya.

Semoga info ini bermanfaat, ya untuk Sahabat Fimela sekalian. Saatnya untuk senantiasa berproses menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

#ElevateWomen

Loading
Artikel Selanjutnya
Perempuan di China Baru Mengetahui Jika Dirinya Pria Setelah Pengobatan Pergelangan kakinya
Artikel Selanjutnya
Resep Kue Sagu Empuk untuk Sajian saat Lebaran