Sukses

Lifestyle

Marak Beredar Masker Kesehatan Palsu, Begini Cara Aman dan Benar Membeli yang Asli

Fimela.com, Jakarta Masker menjadi alat pelindung diri yang wajib dipakai, terutama sejak masa pandemi COVID-19 merebak. Pemerintah menganjurkan untuk menggunakan masker untuk menghalau penyebaran virus yang terjadi dengan cepat. 

Namun sayangnya, efektivitas penghalauan penyebaran virus bisa terhalang karena masker palsu yang kini marak beredar. makser medis palsu tidak bisa menghalau penyebaran virus dengan baik. Maraknya penjualanan masker palsu tentu sangat meresahkan. 

Arianti Anaya selaku Plt Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan, (Farmalkes) mengimbau masyarakat untuk lebih teliti dalam membeli masker. Ia memastikan agar mengecek izin edar masker terlebih dahulu sebelum membelinya. Izin edar bisa dilihat melalui infoalkes.kemkes.go.id. 

Membedakan masker palsu dan asli

Masker yang bermutu ialah masker yang sudah mengantongi izin edar, memiliki keamanan dan manfaat. Bahkan, masker tersebut juga harus lulus uji coba bacterial filtration effiency (BFE), partikel filtration effiency (PFE), breathing resistance, dan lain sebagainya. 

Lalu, bagaimana jika masyarakat menemukan masker palsu yang beredar di pasaran?

Langkah tepat untuk mengatasinya adalah dengan melaporkan kejadian tersebut melalui jalur e-watch alkes, atau bisa juga melalui Halo Kemkes 1500567. 

 

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Menghadapi Dilema Ditinggal Teman-teman Menikah Sedangkan Dirimu Masih Lajang
Artikel Selanjutnya
4 Zodiak Ini Jalani Cinta Terburuk Minggu Ini, 5-11 April 2021