Sukses

Lifestyle

Tubuh Tetap Terhidrasi, Ikuti Tips agar Tidak Haus Saat Jalani Puasa Ramadan

Fimela.com, Jakarta Trik mengatasi dahaga di bulan Ramadan adalah hidrasi atau penyimpanan air di tubuh. Begitu kita berbuka puasa, kita akan makan lebih banyak dari biasanya bukan?

Kita hanya akan makan banyak, dan mungkin menyeruput kopi yang enak. Tapi, tahukah kamu bahwa minuman manis seperti kopi, teh dan soda menyebabkan rasa haus yang luar biasa? Karena mereka memberi pemuas dahaga yang sementara, sehingga akan menyebabkan rasa haus yang berkepanjangan. Ada beberapa hal yang bisa kamu makan dan minum untuk menghindari rasa haus di bulan Ramadan.

Dilansir dari fustany.com, berikut beberapa tips hidrasi untuk Ramadan:

1. Makan semangka untuk menghindari haus di bulan Ramadan

Semangka adalah buah musim panas yang luar biasa, bukan? Juicy dan sangat menyegarkan untuk dimakan. Makanlah semangka saat sahur, karena semangka terdiri dari 91% air dan hanya 6% gula. Jika kamu lelah karena selalu mengunyah semangka dan menyemburkan bijinya, buatlah sendiri smoothie semangka.

2. Makan tomat untuk menghindari haus di bulan Ramadan

Tomat juga sangat berair dan membuat kamu tetap terhidrasi. Tahukah kamu bahwa satu cangkir tomat ceri menawarkan lebih dari setengah cangkir air. Pastikan untuk memasukkan tomat ke dalam makanan kamu untuk menyimpan banyak cairan.

3. Makan mentimun agar tidak haus di bulan Ramadan

Timun juga salah satu makanan ini yang 90% nya mengandung air. Pastikan untuk memasukkan mentimun ke dalam menu sahur. Ini akan membuat kamu segar dan dingin keesokan harinya.

4. Berhenti minum kopi

Semua pecandu kopi di luar sana tidak sabar menunggu waktu berbuka puasa untuk mulai membuat secangkir kopi. Namun, kamu benar-benar harus menghentikan kebiasaan itu, atau setidaknya hentikan. Faktanya, kafein membuat kamu ingin banyak buang air kecil, sehingga tubuh kehilangan cairan.

5. Hindari berkeringat terlalu banyak saat jam puasa di bulan Ramadan

Terakhir dan yang terpenting, berkeringat. Seperti yang saya katakan, triknya adalah menyimpan cairan di tubuh, dan tidak menghilangkannya dengan cara apa pun. Duduk dalam cuaca panas, atau menjalankan tugas tetapi cobalah yang terbaik untuk menguranginya sebanyak mungkin.

Dengan cara itu semangka atau mentimun yang kamu makan saat sahur benar-benar dapat berfungsi menahan cairan di tubuh. Ini seperti menyalurkan kehidupan unta, unta bisa hidup berhari-hari tanpa air, karena punuknya menyimpan banyak air. Tentu dia berjalan di gurun, itu sebabnya dia memiliki punuk besar. Simpan cairan di tubuh selama diizinkan makan.

Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading