Sukses

Lifestyle

FOMO Syndrome Bisa Terjadi Ketika Seseorang Sulit Mengendalikan Penggunaan Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Kemajuan pesat media sosial telah membentuk media yang sama sekali baru untuk interaksi manusia. Meskipun keuntungan utama dari media sosial tidak dapat disangkal, platform dan internet, secara umum, dapat menjadi pedang bermata dua. Potensi kelemahan media sosial dan bagaimana hal itu terkadang dapat mengganggu pikiran, kesehatan, dan kesejahteraan kita telah menarik perhatian, terutama di generasi muda. Penerimaan media sosial sebagai media komunikasi bagi kaum muda perlu dikaji dengan hati-hati, karena hal itu mungkin akan memainkan peran yang lebih berbahaya daripada yang kita duga.

Bagaimana media sosial dapat berkomunikasi untuk menciptakan FOMO?

Penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat meningkatkan perasaan cemas, depresi, dan isolasi dengan menyebabkan seseorang mengalami FOMO atau takut ketinggalan berita. Perlunya memerangi ketidakpastian emosional dari ini adalah karena kita membandingkan di balik layar dengan rekaman sorotan semua orang.

Ketika kebanyakan orang cenderung membagikan unggahan media sosial, mereka secara alami membagikan hal-hal yang membuatnya tampak seperti menjalani kehidupan terbaik mereka. Mereka berbagi foto dan video berpesta dengan teman-teman, makan di restoran mewah, atau melakukan hal-hal menarik seperti jalan-jalan. Dan inilah alasan utama di balik pembuatan FOMO pada orang lain, yang merasa hidupnya tidak pernah bisa dibandingkan dengan semua hal positif yang mereka lihat dilakukan orang lain di dunia maya.

Informasi dan rambu yang tersaring menyebabkan keresahan emosional, orang secara alami ingin membuat diri mereka terlihat baik di mata orang lain. Internet memberi mereka kesempatan untuk menyaring informasi apa yang mereka ingin orang lain lihat sampai tingkat yang belum pernah kita lakukan sebelumnya. Media virtual ini dapat memberikan gambaran yang salah tentang persepsi kita tentang kehidupan orang-orang. Ini berarti kita hanya bisa melihat semua sorotan positif yang terjadi dalam kehidupan orang, tetapi kita jarang melihat hal-hal biasa di balik layar seperti pergi bekerja, melakukan tugas sehari-hari, atau mengalami hari-hari traumatis.

FOMO Syndrome Membuat Penderitanya Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Karenanya, saat kita mencoba menilai kehidupan orang berdasarkan media sosial, kita hanya mendapatkan sedikit cuplikan dari siapa mereka. Salah satu contoh terbaik dari ini adalah saat mengambil foto narsis. Kebanyakan orang hanya akan membagikan gambar diri mereka sendiri yang membuatnya terlihat sangat menarik, meskipun hanya memilih sudut, pencahayaan, atau ekspresi wajah yang sesuai.

Platform virtual ini juga dapat dikaitkan dengan citra tubuh negatif diri sendiri, terutama pada remaja putri yang selalu membandingkan diri dengan gambar perempuan menarik lainnya. Hal ini dapat mengarah pada perbandingan sosial yang merupakan salah satu pembunuh utama kesejahteraan mental kita.

Tingkat Keterpaksaan Meningkat

Dorongan terus-menerus untuk memeriksa media sosial seseorang mungkin terkait dengan kepuasan langsung dan produksi dopamin. Keinginan untuk  hits, bersama dengan ketidakmampuan untuk mendapatkan kepuasan segera, dapat mendorong pengguna untuk terus menyegarkan umpan media sosial mereka. Apa yang berbahaya tentang penggunaan obsesif ini adalah, jika pengguna gagal mengalami kepuasan, mereka mungkin menginternalisasi keyakinan bahwa ini karena tidak populer atau tidak lucu. Menyegarkan halaman dengan harapan menyaksikan bahwa orang lain telah menikmati kiriman tersebut, sehingga memfasilitasi untuk mencapai validasi pribadi.

 Sangat penting untuk memahami apakah penggunaan media sosial membantu kesehatan mental atau menyakiti kondisi pikiran emosionalmu. Internet hanyalah sebuah alat, oleh karena itu, perlu digunakan dengan cara yang sehat untuk membantu menjalankan fungsi yang positif.

Cek Video di Bawah Ini

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading