Sukses

Lifestyle

Apakah Menyikat Gigi di Siang Hari saat Berpuasa Membatalkan Puasa?

Fimela.com, Jakarta Saat menjalankan puasa, tentu seorang muslim akan lebih berhati-hati dalam menjaga puasanya agar tidak batal, misalnya dengan tidak makan dan minum dengan disengaja, tidak memasukkan sesuatu ke dalam tubuh dengan sengaja, melakukan hubungan suami istri di siang hari dan sebagainya.

Akan tetapi, bagaimana dengan hal-hal yang belum jelas, seperti menyikat gigi atau bersiwak di siang hari, apakah bisa membatalkan puasa?

Islam mengajarkan manusia untuk selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara bersiwak atau menggosok gigi. Tetapi, saat puasa, tentu bau mulut akan menjadi tidak sedap dan dapat mengganggu orang lain.

Sikat Gigi saat Berpuasa Hukumnya Makruh

Seperti yang dilansir pada laman Dream.co.id, para ulama bersepakat menghukum tindakan menggosok gigi dan berkumur saat puasa sebagai perbuatan makruh.

Artinya, perbuatan itu boleh dikerjakan, tetapi akan jauh lebih jika dihindari. Karena ada kekhawatiran benda seperti air masuk ke dalam tenggorokan. Jika itu terjadi, menyebabkan puasa batal.

Jadi, perlu diatur waktu untuk menggosok gigi dan berkumur saat bulan puasa. Ini mengutip pendapat Syeikh Muhammad Nawawi Al Bantani dalam kitab Nihayatuz Zain.

"Hal yang makruh dalam puasa ada tiga belas. Salah satunya bersiwak setelah zhuhur." tulis Al Bantani.

Tidak Ada Larangan untuk Menyikat Gigi saat Berpuasa

Akan tetapi pada dasarnya tidak ada larangan untuk menyikat gigi di siang hari pada saat berpuasa. Hal ini seperti yang dikutip dari fimela.com, dengan merujuk pada hadis Rasulullah Saw.

Berikut bunyi hadisnya:

"Saya melihat Nabi Muhammad saw., menggosok gigi sedangkan beliau berpuasa, yang tidak dapat saya hitung atau bilangkan." (HR. Bukhari dari Amri bin Rabi'ah)

Berdasarkan hadis tersebut diketahui bahwa Rasulullah pun pernah menggosok giginya dalam keadaan berpuasa. Sehingga dalam masalah ini tidak adal larangan untuk menggosok gigi saat berpuasa.

Hanya saja akan lebih dianjurkan agar gosok gigi dilakukan setelah sahur sebelum azan subuh berkumandang. Cara ini pastinya lebih aman karena dilakukan sebelum berpuasa.

Jika Sahabat Fimela mau menggosok gigi pada siang hari saat sedang berpuasa, harus ekstra hati-hati. Agar tidak ada air atau pasta gigi yang tertelan. Atau untuk lebih amannya lagi, gosok gigi dilakukan tanpa menggunakan pasta gigi.

Demikianlah ulasan mengenai hukum tentang menyikat gigi di siang hari pada saat berpuasa. Semoga bermanfaat.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading